Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Seleksi ASN PPPK dan CPNS Lebih Mudah, Tanpa Perlu Upload Data Satu-persatu

Seleksi ASN PPPK dan CPNS Lebih Mudah, Tanpa Perlu Upload Data Satu-persatu.


Pemerintah memastikan penerimaan calon aparatur sipil negara (ASN) akan kembali digelar pada tahun ini.


Pelaksanaan seleksi calon ASN 2021 terbagi dalam tiga kategori, yaitu calon pegawai negeri sipil (CPNS), sekolah kedinasan, dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).


Untuk sekolah kedinasan sudah dibuka proses rekrutmennya pada bulan April ini. Kemudian proses seleksi CPNS dan PPPK akan dibuka antara bulan Mei-Juni 2021.

Tenaga Teknis Berijazah Sarjana Pendidikan Bisakah Daftar PPPK? 

Berdasarkan pernyataan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Seleksi untuk ketiganya dipastikan hanya akan menggunakan satu portal pendaftaran saja, yakni portal Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN.


Portal ini diklaim lebih mempermudah peserta seleksi dalam melakukan proses pendaftaran secara terpusat melalui laman sscasn.go.id, yang dikelola oleh BKN.


BKN telah meningkatkan fitur teknologi dalam SSCASN, salah satunya  peserta seleksi ASN sudah tidak perlu lagi mengunggah dokumen-dokumen, seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), serta Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) pada saat  pendaftaran.

Baca Juga : Download Daftar Lengkap Formasi ASN Tahun 2021 Regional BKN

Pada penerimaan CPNS sebelumnya peserta seleksi masih harus menyiapkan  dokumen, diantaranya scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, Kartu Keluarga (KK), pas Foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi yang dilamar. 


Dokumen yang sudah disiapkan pelamar tersebut kemudian diunggah ke dalam portal SSCASN.

Rangkuman Kisi-kisi dan Materi Soal CPNS dan PPPK 2021

Bagusnya proses seleksi CPNS di tahun ini  akan berbeda karena adanya peningkatan fitur dalam layanan SSCASN tersebut, sehingga tidak terlalu repot menyiapkan dokumen-dokumen khusus. 

Seleksi ASN PPPK dan CPNS Lebih Mudah, Tanpa Perlu Upload Data Satu-persatu
Seleksi ASN PPPK dan CPNS Lebih Mudah, Tanpa Perlu Upload Data Satu-persatu


Integrasi Data dan Peningkatan fitur Portal SSCASN

Portal SSCASN nantinya akan terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti. 


Apabila pada seleksi sebelumnya peserta seleksi hanya dapat melihat ketersediaan formasi dengan mengunjungi website masing-masing instansi secara satu per satu. Di tahun ini dipastikan bahwa peserta seleksi ASN dapat dengan mudah mengakses informasi tentang seluruh formasi yang dibuka pemerintah dalam satu portal saja.

Baca Juga  : Jenis Tes dan Jumlah Soal Pada Seleksi PPPK Tahun 2021

"Kini, cukup melalui portal SSCASN, peserta dapat mengakses seluruh informasi formasi yang dibuka Pemerintah," jelasnya.


BKN juga sedang menyiapkan sistem untuk mengantisipasi kecurangan dengan memanfaatkan fitur face recognition yang diperuntukkan untuk mengidentifikasi peserta ujian.


Hal ini diharapkan dapat meminimalkan adanya praktek percaloan dalam pelaksanaan ujian.


Selain itu BKN tetap menerapkan prosedur pelaksanaan ujian sesuai dengan protokol kesehatan. Rekrutmen ASN tahun 2021 ini score peserta akan ditayangkan melalui live Youtube BKN agar hasil ujian dapat dipantau di mana saja.


Kuota Formasi ASN PPPK dan CPNS

Total pengadaan calon ASN  pada tahun ini mencapai 1.275.387. Dari total formasi tersebut sebanyak 83.669 formasi dialokasikan untuk pemerintah pusat dan 1.191.718 untuk instansi pemerintah daerah.

Download Daftar Lengkap Formasi ASN Tahun 2021 Regional BKN

Jumlah ini mencakup guru PPPK sebanyak 1.002.616, sedangkan PPPK non guru dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 119.094 formasi.


Jabatan dengan alokasi kuota terbanyak untuk 2021 untuk pemerintah kabupaten kota berasal dari formasi guru, termasuk guru kelas, guru guru BK, guru TIK, dan guru seni budaya. 


Hal tersebut sudah dipaparkan sebelumnya oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, dalam konferensi pers pengadaan CASN 2021.


Kemudian untuk lokasi seleksi, Kementerian PANRB bersama BKN masih belum menentukan lokasi seleksi CPNS dan PPPK di tahun ini.

Baca Latihan Soal PPPK Terbaru

Prediksi Soal Tes Wawancara PPPK 2021 




Namun seleksi direncanakan akan dilaksanakan di kantor pusat BKN, kantor regional BKN, Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN, dan tempat-tempat tes tambahan baik itu yang dibiayai oleh BKN maupun yang dibiayai mandiri oleh instansi.

thanks to liputan6 for the source

Post a Comment for "Seleksi ASN PPPK dan CPNS Lebih Mudah, Tanpa Perlu Upload Data Satu-persatu"