Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mapel Bahasa Inggris Akan Linier di SD Pada PPPK 2023

Sangkolan.com – Kabar Gembira untuk para guru yang berijazah bahasa inggris namun mengajar di jenjang Sekolah Dasar (SD). Mapel Bahasa Inggris Akan Linier di SD Pada PPPK 2023.

Kabar gembira bagi guru lulus passing grade (PG) 2021, khususnya guru mata pelajaran (Mapel) Bahasa Inggris di SD.

Pada seleksi PPPK 2023 mendatang, pemerintah akan mengakomodir linieritas mapel Bahasa Inggris di SD.

Sebagaimana diketahui, banyak guru lulus PG atau pelamar prioritas 1 (P1) pada seleksi PPPK 2022 tidak mendapatkan formasi dan tidak terdapat kebutuhan lantaran ijazahnya Bahasa Inggris.

Mapel Bahasa Inggris Akan Linier di SD Pada PPPK 2023
Mapel Bahasa Inggris Akan Linier di SD Pada PPPK 2023

Linieritas ijazah dengan mata pelajaran Bahasa Inggris tidak ada untuk guru SD.

Linieritas ijazah dengan mapel Bahasa Inggris hanya ada untuk guru SMP.

Akibatnya, guru SD yang lulus PG dengan ijazah Bahasa Inggris tidak mendapatkan formasi. Bahkan, tidak terdapat kebutuhan.

Tidak terdapat kebutuhan artinya pemerintah daerah tidak lagi membutuhkan guru ASN lagi karena kebutuhan guru ASN di daerah tersebut sudah terpenuhi.

Lanjut Halaman 2

Contoh, kebutuhan guru ASN Bahasa Inggris di Pemda A sebanyak 100 orang. Saat ini, sudah tersedia 100 guru ASN di Pemda tersebut.

Dengan demikian, kebutuhan guru ASN di Pemda A sudah terpenuhi, sehingga tidak perlu lagi membuka formasi guru Bahasa Inggris.

Banyaknya guru SD yang lulus PG tetapi berijazah Bahasa Inggris mendapat perhatian serius Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Rencananya, Kemendikbudristek akan menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikburistek) untuk mengakomodir guru lulus PG yang berijazah bahasa Inggris pada seleksi PPPK 2023.

Dengan diterbitkannya Permendikburistek tersebut, guru yang berijazah Bahasa Inggris dapat diangkat menjadi ASN PPPK di SD.

Rencnana penerbitkan Permendikburistek linieritas mapel Bahasa Inggris SD terungkap dalam pertemuan Pengurus Guru Lulus Passing Grade (GLPG) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Prof Nunuk Suryani pada Senin, 7 November 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Nunuk Suryani menegaskan bahwa
mapel Bahasa Inggris akan dilinieritaskan ke SD pada perekrutan PPPK 2023.

Nunuk Suryani juga menegaskan bahwa guru lulus PG atau pelamar prioritas 1 yang belum bisa ditempatkan pada seleksi PPPK 2022, akan dituntaskan pada seleksi PPPK 2023.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 55.419 guru lulus PG atau P1 tidak dapat diangkat menjadi PPPK 2022. Rinciannya, 41.892 guru lulus PG yang tidak tersedia formasi dan 13.527 yang tidak tersedia kebutuhan.

“Sekarang yang mengirim WA dan menangis itu adalah 41 ribu plus 13 ribu,” jelas Nunuk Suryani dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi X DPR RI.

Menurutnya, jika pemerintah daerah punya konsen yang sama terkait pengangkatan ASN PPPK (P3K), maka sebenarnya PR tahun depan hanya 13.000 guru lulus PG yang harus diselesaikan.

Berikut data guru lulus PG yang masuk kategori pelamar P1 pada seleksi P3K 2022.

  • Jumlah guru Lulus PG atau P1 : 193.954
  • Jumlah kebutuhan guru P1 : 169.078
  • Jumlah formasi P1 : 127.186
  • Jumlah P1 tidak tersedia formasi : 41.892
  • Jumlah P1 tidak terdapat kebutuhan : 24.876

Dengan diterbitkannya Permendikbudristek tentang linieritas mapel Bahasa Inggris di SD dan dengan semakin banyaknya formasi yang diusulkan Pemda, diharapkan seluruh guru lulus PG mendapat penempatan pada seleksi PPPK 2023 mendatang.*sangkolan

Demikian kabar terkini mengenai Mapel Bahasa Inggris Akan Linier di SD Pada PPPK 2023. Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Mapel Bahasa Inggris Akan Linier di SD Pada PPPK 2023"