Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Dicecar Pertanyaan Makan Siang Gratis di DPR Inilah Jawaban Sri Mulyani

Dicecar Pertanyaan Makan Siang Gratis di DPR Inilah Jawaban Sri Mulyani
Dicecar Pertanyaan Makan Siang Gratis di DPR Inilah Jawaban Sri Mulyani

Sahabat Sangkolan, Berikut ini adalah Dicecar Pertanyaan Makan Siang Gratis di DPR Inilah Jawaban Sri Mulyani.

Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati memberikan jawaban terkait pertanyaan yang diajukan mengenai program makan siang gratis dalam rapat kerja Kementerian Keuangan dengan Komisi XI DPR RI pada Selasa (19/3/2024).

Program makan siang gratis merupakan komitmen politik yang sebelumnya diungkapkan oleh calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto dan Gibram Rakabuming.

"Dalam kaitannya dengan pertanyaan tentang makan siang gratis, saya ingin menjelaskan bahwa pada APBN kami, program tersebut belum termasuk, terutama untuk tahun 2024," ungkap Sri Mulyani.

"Ikhtisar kebijakan fiskal dan kerangka ekonomi makro yang akan kami sajikan nantinya, akan menjadi titik awal pembahasan dengan DPR terkait berbagai program, termasuk yang disebutkan," tambahnya.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025 akan disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 16 Agustus 2024, dan implementasinya akan dilakukan oleh pemerintahan yang baru.

Maka dari itu, dalam menghadapinya, diperlukan pendekatan yang sopan dan etis dalam komunikasi politik.

Saat ini, belum ada pembahasan konkret terkait program tersebut, karena diskusi mengenai kerangka ekonomi makro baru mencakup rentang (range) postur APBN.

Sehingga, belum ada penentuan anggaran untuk masing-masing kementerian atau lembaga.

"Kita bahkan belum memasuki tahap pembicaraan mengenai alokasi anggaran untuk Kementerian/Lembaga, karena saat ini kita masih berada pada tahap awal pembahasan," jelasnya.

"Oleh karena itu, saya mohon maaf kepada semua anggota DPR, terutama dalam bulan puasa ini, saya berharap untuk diberikan pemahaman bahwa saya tidak dapat memberikan komentar lebih lanjut mengenai program makan siang gratis," tandasnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKS, Anis Byarwati, menanyakan asal usul anggaran untuk program makan siang gratis tersebut.

"Dimana posisi anggarannya, Bu Menteri? Saya ingat program ini telah diuji coba di beberapa sekolah dasar. Namun, jika uji coba dilakukan hanya di SD, maka hanya siswa di sekolah yang dapat menikmati makan siang. Saya masih belum mengerti sepenuhnya terkait hal ini, Bu Menteri. Anggaran yang dibutuhkan juga cukup besar, sudahkah ini dipertimbangkan?" katanya.

Selain itu, Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PPP, Wartiah, juga ingin mengklarifikasi kabar tentang dugaan bahwa program makan siang gratis akan mengurangi dana bantuan operasional sekolah (BOS), yang menuai penolakan dari banyak guru.

"Apakah benar bahwa program makan siang gratis akan mengurangi dana BOS? Ini telah menimbulkan penolakan dari sejumlah guru. 

Sebenarnya, kami lebih memprioritaskan dana BOS daripada makan siang gratis. Ini yang sedang menjadi perbincangan di Nusa Tenggara Barat (NTB)," ujarnya.

Demikian artikel terbaru kami mengenai Dicecar Pertanyaan Makan Siang Gratis di DPR Inilah Jawaban Sri Mulyani, Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Artikel tayang di kompas.com dengan judul Jawaban Sri Mulyani Ketika Dicecar Pertanyaan Makan Siang Gratis di DPR

Gabung Grup Guru Berbagi 

WA : https://bit.ly/3NeVa0Z 

Tele : https://bit.ly/3AYIXWZ

Post a Comment for "Dicecar Pertanyaan Makan Siang Gratis di DPR Inilah Jawaban Sri Mulyani"