3 Jalur Seleksi CPNS dan PPPK Bagi Lulusan SMA

3 Jalur Seleksi CPNS dan PPPK Bagi Lulusan SMA

3 Jalur Seleksi CPNS dan PPPK Bagi Lulusan SMA sangkolan.com – Lulusan SMA masih berkesempatan mengikuti Seleksi CPNS dan PPPK dengan memilih 3 Jalur Seleksi.

Untuk saat ini Pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) 2021 bagi lulusan SMA masih dibuka dalam jalur sekolah kedinasan.

Menurut Teguh Widjinarko selaku Plt Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), tahun ini seleksi CASN juga memberikan ruang bagi masyarakat lulusan SMA/sederajat untuk menjadi ASN melalui tiga jalur.

Ketiga jalur tersebut yaitu seleksi CPNS jalur sekolah kedinasan, CPNS jalur umum dan PPPK atau pegawai pemerintah dengan perjanjian. 

3 Jalur Seleksi CPNS dan PPPK Bagi Lulusan SMA
3 Jalur Seleksi CPNS dan PPPK Bagi Lulusan SMA

Baca Juga : Jenis Tes dan Jumlah Soal Pada Seleksi PPPK Tahun 2021

Dijelaskan oleh teguh bahwasannya CPNS jalur sekolah kedinasan membutuhkan lulusan sekolah dengan ijazah SMA/sederajat. Dan untuk CPNS umum dan PPPK, memang terdapat formasi bagi lulusan SMA.

\”Formasi CPNS jalur umum dan PPPK untuk lulusan SMA sangat terbatas jumlahnya,\” ungkapnya.

Baca Juga : Jadwal dan Syarat Lengkap Seleksi PPPK Untuk Tenaga Administrasi Non Guru Tahun 2021

Disarankan kepada para calon pelamar harus yakin dengan pilihan yang akan diambilnya. Baik mendaftar ke sekolah kedinasan atau mengikuti seleksi CPNS dan PPPK.

Hal tersebut dikarenakan formasi yang tersedia bagi lulusan SMA terbatas, dan pelamar hanya bisa memilih satu sekolah kedinasan. Begitu juga dengan seleksi CPNS dan PPPK, pelamar hanya boleh memilih satu formasi.

Baca Juga :  Prediksi Soal Tes Wawancara PPPK 2021 

Sebagai informasi bahwa batas akhir pendaftaran bagi sekolah kedinasan berakhir pada 30 April 2021. Sedangkan pendaftaran untuk formasi CPNS dan PPPK baru dilakukan pada Mei 2021.

  Cek Fakta Penjelasan BKN Terkait Guru Lulus PG Wajib Presensi PPPK di SSCASN

Berbeda dengan sekolah kedinasan, jumlah formasi serta persyaratan sudah diumumkan dan bisa dicek secara online pada laman dikdin.bkn.go.id serta laman sekolah kedinasan masing-masing.

Untuk jumlah formasi dan persyaratan bagi seleksi CPNS dan PPPK untuk formasi lulusan SMA/sederajat masih belum diumumkan hingga saat ini.

Demikian artikel sangkolan kali ini mengenai 3 Jalur Seleksi CPNS dan PPPK Bagi Lulusan SMA. Semoga Bermanfaat.

thanks to JPNN for providing the source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.