Bisnis SPBU Pertamina, Ini Syarat Dan Cara Mendirikannya

Bisnis SPBU Pertamina, Ini Syarat Dan Cara Mendirikannya

Sangkolan.com – Tahu SPBU Pertamina ? Yups, Jika anda memiliki modal yang cukup, anda bisa menjadi mitra Pertamina dan mendirikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Bisnis SPBU Pertamina ini sangat menjanjikan dan prospek serta pangsa pasarnya sangat menjanjikan. Yuk simak Bisnis SPBU Pertamina, Ini Syarat Dan Cara Mendirikannya

baca juga : Download Lampiran Passing Grade PPPK Guru 2021 Semua Mata Pelajaran

Keuntungan bisnis SPBU Pertamina sangat menjanjikan apalagi jika berdiri di atas lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan besar tempat dimana kendaraan bermotor berlalu lalang tiap harinya.

baca juga : Aplikasi Trading Saham Terbaik untuk Pemula

bisnis-spbu-pertamina-ini-syarat-dan-cara-mendirikannya
Bisnis SPBU Pertamina, Ini Syarat Dan Cara Mendirikannya

baca juga : Cara Cepat Menggabungkan File PDF Online Tanpa Aplikasi

Berikut akan kami ulas juga bagaimana cara membangun bisnis SPBU pertamina bagi pemula.

Jika anda tertarik ingin masuk ke bisnis SPBU Pertamina yang didalamnya berorientasi pada bisnis penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM), Anda bisa bergabung dengan Pertamina dengan dua bentuk kerjasama.

PT Pertamina (Persero) sendiri menyediakan dua alternatif bentuk kerja sama dalam membuka Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU.

Ada dua macam kerjasama yang disodorkan PT Pertamina dalam pembukaan SPBU, yaitu Company Owned Dealer Operated (CODO) dan Dealer Owned Delaer Operated (DODO).

Apa bedanya Company Owned Dealer Operated (CODO) dan Dealer Owned Delaer Operated (DODO)? kita bahas di bawah ini.

Company Owned Dealer Operated (CODO) adalah SPBU CODO Pertamina yang merupakan SPBU sebagai bentuk kerjasama antara PT. Pertamina (Persero) dengan pihak tertentu. Contohnya, kerjasama pemanfaatan lahan milik perusahaan ataupun individu untuk dibangun SPBU Pertamina.

Sedangkan Dealer Owned Dealer Operated (DODO), SPBU DODO Pertamina adalah SPBU bentuk kerjasama dimana investasi dan lokasi dilakukan seluruhnya oleh individu calon mitra. Untuk pengembangan outlet non PSO pada saat ini SPBU DODO Pertamina hanya menjual jenis produk Premium dan BBK (Solar yang dijual adalah solar Keekonomian).

Jika anda berminat untuk menjadi mitra PT Pertamina dalam bisnis SPBU ini, anda perlu melengkapi dan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh PT Pertamina.

baca juga : Cara Hapus Background Foto Sekali Klik Tanpa Aplikasi

Persyaratan Menjadi Mitra PT Pertamina

  1. Calon mitra harus berbentuk Badan Usaha (Perseroan Terbatas, Persekutuan Komanditer, Koperasi, Yayasan, Usaha Dagang, atau Perusahaan Dagang).
  2. Calon Mitra diharapkan mempersiapkan: Hasil scan KTP, akta pendirian perusahaan, NPWP perusahaan, bukti kepemilikan lahan, rekening korang 1 tahun terakhir, rekening tabungan, deposito, dan rekening giro 1 tahun terakhir yang akan diperlukan untuk melengkapi isian data pada aplikasi online ini.
  3. Untuk kelancaran verifikasi, calon mitra diminta untuk menyiapkan dokumen pendukung sebanyak 2 rangkap, dokumen-dokumen tersebut antara lain adalah:
  4. Akta pendirian Perseroan Terbatas (PT), dan TDP.
  5. Rekening koran 1 (satu) tahun terakhir atau bukti deposito atas nama pemilik/badan usaha.
  6. Fotokopi bukti kepemilikan usaha sejenis (jika ada). Contoh: SPBU.
  7. Fotokopi bukti kerjasama dengan PT Pertamina (Persero) (jika ada). Contoh: Agen minyak tanah, pengusaha APMS, dsb.
  8. Fotokopi sertifikat Pasti Pas atau bukti mengikuti program Pertamina Way (jika Calon Mitra sudah pernah memiliki SPBU).

baca juga : Cara Lapor Pajak Online Untuk Guru GTT/PTT dengan Aplikasi e-filing

Pertamina Juga Memiliki Kriteria STANDAR SPBU diantaranya;

  • Standar sarana dan prasarana spbu
  • standar operasional spbu
  • standar bangunan spbu

Selain itu, juga diperlukan dokumen permohonan izin kemitraan baru yang harus dipenuhi calon mitra dinyatakan sebagai pemenang di lokasi yang diajukan, berdasarkan surat resmi dari PT Pertamina (Persero), diantaranya;

  • Persyaratan Permohonan Izin Baru Persyaratan Permohonan Izin SPBU sebagai berikut:
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik/pimpinan badan usaha.
  • Badan perusahaan/akta pendirian perusahaan (untuk badan usaha).
  • Layout bangunan SPBU dan konfigurasi SPBU yang akan dibangun.
  • Peta lokasi skala 1: 10.000 atau lebih besar, dan peta topografi/rupa bumi skala 1:25.000 yang memperlihatkan titik lokasi rencana pendirian SPBU
  • Perizinan yang dipersyaratkan pemerintah daerah setempat

Untuk lebih jelasnya, silahkan Klik Link Dibawah ini agar bisa memahami lebih jelas

Formulir Kemitraan PT Pertamina

Kata Kunci Pencarian:

Bisnis SPBU Pertamina keuntungan bisnis spbu pertamina bisnis plan spbu pertamina bisnis spbu mini dari pertamina biaya bisnis spbu pertamina bagaimana membangun bisnis spbu pertamina bagi pemula cara bisnis spbu pertamina

Artikel ini pernah tayang di portalpppk.com