Cara Mudah Mendaftar KIP Kuliah 2021, Update !

Cara Mudah Mendaftar KIP Kuliah 2021, Update !

Pada kesempatan kali ini sangkolan.com akan membahas mengenai Cara Mudah Mendaftar KIP Kuliah 2021.KIP-Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah untuk lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik namun memiliki keterbatasan dalam hal ekonomi. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi. Syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Cara Mudah Mendaftar KIP Kuliah 2021
Cara Mudah Mendaftar KIP Kuliah 2021

Syarat Mendaftar KIP Kuliah 2021

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2020 adalah sebagai berikut:

1. Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;

3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

4. Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Keluarga Sejahtera.

Cara Mendaftar KIP Kuliah 2021

Login Ke laman KIP Kuliah 

  1. siswa login kelaman KIP Kuliah 
  2. Siswa bisa langsung kunjungi alamat web pendaftaran berikut di kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru
  3. Masukkan Nomor Induk Keluarga (NIK),Nomor Induk Siswa Nasional (NISN),Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Data Harus sama dengan saat pendaftaran SNMPTN

Mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Nomor Akses

Setelah melakukan pendaftaran, kalian akan diminta memasukkan alamat email aktif. Setelah memasukkan email, silakan cek email pada bagian \”inbox\” atau \”spam\” email dari KIP Kuliah. Pastikan untuk mencatat Nomor Pendaftaran dan Kode Akses

Login ke akun KIP Kuliah

Siswa bisa mengakses \”login siswa\” atau klik link berikut : kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login dan masuk menggunakan kombinasi Nomor Pendaftaran dan Kode Akses dari email yang sudah didapatkan.

Mengisi Data KIP Kuliah

  1. Silahkan Isi Biodata Awal, Usahakan semua data terisi dengan baik dan benar
  2. Isi data keluarga dan siapkan foto bersama keluarga di depan rumah
  3. Pada data Ekonomi, Isikan mulai dari Pekerjaan orang tua, penghasilan, Hutang dan Cicilan
  4. Isikan Data Rumah, mulai dari data kepemilikan, tahun perolehan, sumber listrik, daya listrik, luas tanah dan NJOP/meter.
  5. Isikan Data Aset, masukkan semua aset yang dimiliki seperti smartphone, tv, motor, kulkas, dll yang berharga dengan klik \”tambah aset\”
  6. Isikan data Data Rencana, Lengkapi Rencana tinggal, dukungan  keluarga, transportasi asal, transportasi harian, dan biaya transportasi.
  7. Isikan Kolom Prestasi, Lengkapi Nama Kegiatan, jenis kegiatan, Tingkat, Tahun Perolehan, dan unggah sertifikat.
  8. Isikan Seleksi, Menu \”Seleksi\” ini akan muncul ketika sudah mengisikan semua data yang ada. Akan ada pilihan \”SNMPTN, SBMPTN, SNMPN\”  dan nanti akan mendapatkan PIN dan KAP.

Unduh Kartu Peserta dan Formulir KIP Kuliah 

Apabila data KIP Pelajar dan KKS sudah diupdate di data dapodik dan sudah terdaftar di BDT DTKS maka akan muncul tombol download/unduh Formulir Pendaftaran KIP Kuliah.

Untuk Lebih memahami Cara Mudah Mendaftar KIP Kuliah 2021 silahkan unduh panduan mendaftar KIP Kuliah di bawah ini

Unduh Panduan Cara Mudah Mendaftar KIP Kuliah 2021

Baca Juga :  

Demikian artikel sangkolan kali ini mengenai Cara Mudah Mendaftar KIP Kuliah 2021. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua.

Silahkan tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan yang ingin diajukan.