Jenis Tes dan Jumlah Soal Pada Seleksi PPPK Tahun 2021

Jenis Tes dan Jumlah Soal Pada Seleksi PPPK Tahun 2021

Jenis Tes dan Jumlah Soal Tes PPPK Tahun 2021- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan bahwa tidak ada tes bakat skolastik dalam proses seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK. 

Hal tersebut dipaparkan oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril, Dia menyatakan bahwa peserta tes hanya akan diberikan empat materi saja. 

\”Enggak ada tes bakat (skolastik),\” kata Iwan Syahril dikutip dari JPNN Kamis (15/4). 

baca juga : Daftar Nama Guru Penerima Tunjangan Profesi Guru Yang Sudah Di Verikasi Provinsi Jawa Timur Tahun 2021

Iwan juga menjelaskan bahwa dalam seleksi guru PPPK yang tahap pertama diagendakan pada Agustus mendatang, masing-masing guru honorer hanya akan diujikan empat materisaja.

Jenis Tes Pada Seleksi PPPK Tahun 2021

Keempat jenis tes/materi yang akan diujikan nantinya adalah kompetensi bidang yang disesuaikan dengan mata pelajaran, manajerial, sosiokultural, dan  wawancara yang dijawab secara tertulis. 

Jenis Tes dan Jumlah Soal Pada Seleksi PPPK Tahun 2021
Jenis Tes dan Jumlah Soal Pada Seleksi PPPK Tahun 2021

baca juga : Jadwal dan Syarat Lengkap Seleksi PPPK Untuk Tenaga Administrasi 

Jumlah Soal Pada Seleksi PPPK Tahun 2021

Jumlah soal untuk masing-masing materi seleksi PPPK paling banyak pada kompetensi bidang yaitu antara 80 sampai 100 butir, manajerial 30 butir, kemudian sosio-kultural 20 butir, serta tes wawancara 10 butir soal. 

\”Masing-masing peserta mendapatkan jumlah butir soal 140-160 soal,\” ujar Iwan dikutip dari JPNN. 

Dia juga menghimbau agar seluruh guru honorer untuk fokus mempelajari seri belajar mandiri calon guru ASN PPPK yang sudah disiapkan Kemendikbud. Tidak usah terpengaruh dengan informasi adanya tes skolastik.

Baca Juga : Seleksi PPPK 2021 Dilaksanakan Tiga Tahap, Dimulai Bulan Mei 2021

Iwan menyebut masih ada waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri menghadapi tes PPPK. Seleksi pertama dimulai Agustus, tahap kedua Oktober, dan ketiga Desember.

Iwan memberikan dukungan moral kepada seluruh guru honorer bahwa kelulusan dapat diraih apabila tetap semangat belajar dan percaya diri.

Baca Juga :  Prediksi Soal Tes Wawancara PPPK 2021 

Demikian artikel sangkolan kali ini mengenai Jenis Tes dan Jumlah Soal Pada Seleksi PPPK Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

thanks to jpnn for providing the source
Artikel ini telah tayang di JPNN.com dengan judul \”Seleksi PPPK 2021, Kemendikbud Menjawab soal Tes Bakat Skolastik, Jelaskan 4 Materi\”,