Kebijakan Kemendikbud Bagi Guru Honorer Tanpa Formasi PPPK 2021

Sangkolan.com – Kebijakan Kemendikbud Bagi Guru Honorer Tanpa Formasi PPPK 2021, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadim Makarem menegaskan, semua guru honorer yang lolos seleksi rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2021 akan diangkat meski formasi belum ada.

baca juga :  TRY OUT PPPK GURU GRATIS

Jika yang lulus melebihi jumlah formasi yang disiapkan, maka pengangkatannya dilakukan secara bertahap.

“Ini saya tegaskan kembali, seluruh guru honorer bisa mengikuti seleksi PPPK 2021 dan tidak perlu khawatir melihat formasinya sedikit,” kata Menteri Nadiem dalam rapat kerja Komisi X DPR RI seperti yang kami kutip dari jpnn.

baca juga : Pendaftaran CPNS, PPPK Guru, dan PPPK JF Segera Dibuka

Kebijakan Kemendikbud Bagi Guru Honorer Tanpa Formasi PPPK 2021 terbaru
baca juga : Simak Cara Nonton Gratis Piala Euro 2021

Dia mengatakan bahwa kuota yang disiapkan pemerintah adalah satu juta PPPK. Namun, daerah hanya mengusulkan sekitar 530 ribu formasi.

Kemendikbud Menawarkan Banyak Kuota Ke Pemda

“Sudah kami sodor-sodorin lo ke daerah, dinformasikan juga kalau gaji sudah ditanggung pusat. Tetapi, yang diusulkan enggak sampai sejuta,” sambungnya.

Meskipun demikian, Nadiem mengatakan bahwa 530 ribu formasi yang sudah ditetapkan sangat luar biasa apabila berkaca pada tahun 2010 yang hanya 50ribu formasi.

Mas Nadiem menerangkan bahwa formasi PPPK yang tersedia ini khusus bagi guru honorer yang dinyatakan lulus.

baca juga : Jadwal Copa America 2021 Terbaru

Jelasnya apabila yang lulus seleksi 100 ribu orang, yang diangkat 100 ribu orang itu. Namun, apabila yang lulus sampau 600-700 ribu, semua akan diangkat.

Mekanisme pengangkatannya adalah tahun ini 530 ribu yang lulus akan diangkat sesuai dengan kuota yang sudah ditetapkan, dan sisanya akan diangkat di tahun anggaran berikutnya.

Baca Latihan Soal PPPK Terbaru

Usulan PPPK dipotong MenPan-RB?

Banyak berseliweran kabar yang mengatakan bahwa usulan formasi PPPK yang diusulkan oleh Pemda dipotong oleh MenPan-RB.

Terkati isu ini, Mas Nadiem mengaku masih belum ada laporan terkait isu liar tersebut. Namun pihaknya akan segera menginvestigasi masalah tersebut.

Sebagai informasi, per 13 Juni 2021 telah ditetapkan kebutuhan CASN sebanyak 707.622.

Rinciannya adalah PPPK guru sejumlah 531.076. Kemudian PPPK non guru 20.960 dan CPNS sebanyak 80.961. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Asdep Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur KemenPAN-RB Katmoko Ari Sambodo.

baca juga : Permenpan 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan PPPK

baca juga : Modul Belajar Mandiri PPPK Lengkap Semua Mapel