Kepala BKN : Mendikbudristek Tidak Tahu Pemda Kesulitan Anggaran Untuk Seleksi PPPK

Sangkolan.com – Tarik ulur kepastian Penetapan Formasi Calon ASN baik PNS dan PPPK antara Pemda dan MenPAN-RB sudah clear. Namun Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa pemerintah daerah banyak yang sedang mengalami krisis anggaran menjelang seleksi CPNS 2021 dan PPPK.

baca juga : Kebijakan Kemendikbud Bagi Guru Honorer Tanpa Formasi PPPK 2021

Hal tersebut yang mempengaruhi usulan kebutuhan formasi CPNS 2021 dan PPPK dari Pemda tidak semuanya dikabulkan oleh Tjahjo Kumolo selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

baca juga : Kepala BKN : Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK Dimulai 30 Juni

Kepala BKN : Mendikbudristek Tidak Tahu Pemda Kesulitan Anggaran
baca juga : Modul Belajar Mandiri PPPK Lengkap Semua Mapel

Bima Haria mengatakan bahwa Pemda masih banyak yang enggak punya anggaran dalam pengadaan PNS dan PPPK 2021.

Hal tersebut dikarenakan anggaran yang ada masih direalokasikan dalam penanganan Covid-19. Berdasarkan kondisi keuangan Pemda yang sulit ini, pusat tidak bisa menetapkan formasi sebanyak-banyaknya seperti yang sudah diusulkan pemda.

Bima memberikan contoh kasus pada formasi PPPK guru. Meskipun Pemda sudah mengusulkan banyak sekali formasi, karena anggaran pemda minim, menPAN-RB tidak bisa mengabulkan semua usulan tersebut.

Baca Latihan Soal PPPK Terbaru

Kepala BKN : Mendikbudristek Tidak Tahu Pemda Kesulitan Anggaran

“Pemda pada enggak punya anggaran. Mendikbudristek enggak tahu itu,” tegasnya, dikutip dari jpnn.

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek)selalu menegaskan dalam berbagai kesempatan bahwa gaji 1 juta PPPK ini akan ditanggung pusat.

Itulah sebabnya Pemda diminta untuk mengusulkan kebutuhan guru PPPK sebanyak-banyaknya.

baca juga :  TRY OUT PPPK GURU GRATIS

Karena masih berkutat dengan Pandemi Covid-19, Pemda tidak siap karena mendapat kabar bahwa gaji dan tunjangan PPPK menjadi tanggung jawab Pemda. Sementara itu anggaran Pemda sebagian besar sudah direalokasikan untuk penanganan Covid-19 yang masih merebak.

Sebagai Informasi, PPPK guru merupakan formasi yang paling besar yaitu sejumlah 531.076. Kemudian 20.960 formasi untuk PPPK non guru dan sebanyak 80.961 untuk formasi CPNS.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan, pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK akan dimulai bulan ini. BKN juga berharap bahwa akhir Juni ini pendaftaran akan dibuka.

baca juga : Permenpan 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan PPPK
baca juga : Permenpan 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan PNS