Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Asesmen Perkembangan Anak

Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Asesmen Perkembangan Anak

Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Asesmen Perkembangan Anak – Pendidikan Anak Usia Dini adalah layanan yang diberikan pada anak sedini mungkin sejak anak dilahirkan kedunia ini sampai lebih kurang anak berusia enam-delapan tahun.

Pendidikan pada masa-masa ini merupakan sesuatu hal yang penting untuk mendapatkan perhatian dari semua pihak yang bertanggungjawab terhadap tumbuh kembang anak, terutama orangtua dan atau orang dewasa lainnya yang berada dekat dengan anak.

Ibarat menanam sebuah pohon, maka bukan saja benih yang baik yang akan menentukan subur tidaknya pohon tersebut, tetapi juga dipengaruhi oleh lahan tempat dimana pohon itu tumbuh dan tentunya orang yang memelihara tanaman tersebut.

Demikian pula dengan tumbuh kembang anak usia dini, selain bibit yang baik dari kedua orangtuanya berupa potensi bawaan, ditentukan pula lingkungan dimana anak tersebut tumbuh dan berkembang.

  Modul Belajar Seleksi PPPK Bahasa Inggris English for Public Information

Asesmen atau sering juga disamakan artinya dengan penilaian merupakan bagian penting dalam menggambarkan keberhasilan layanan pendidikan anak usia dini yang telah diselenggarakan oleh seorang guru.

Sedemikian pentingnya asesmen bagi seorang guru maka asesmen menjadi salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang guru profesional.

Coba! Anda ingat-ingat ada pada kompetensi mana asesmen tersebut dituntut dimiliki dan dikuasai oleh seorang guru profesional ? Betul… menguasai kemampuan asesmen bagian dari kompetensi pedagogiek.

Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Asesmen Perkembangan Anak
Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Asesmen Perkembangan Anak


Baca Juga Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Pembelajaran 1: Teori Belajar

Pembelajaran 2: Karakter Peserta Didik

Pembelajaran 3: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Pembelajaran 4: Desain Pembelajaran

Pembelajaran 5: Dasar Komunikasi

Pembelajaran 6: Konsep Penilaian

Pembelajaran 7: Pengembangan Potensi Peserta Didik

Download Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD

Modul ini akan membahas secara lebih praktis dan mudah bagi anda yang sedang dan akan mengikuti pendidikan profesi guru PAUD (guru PAUD level 7) tentang asesmen dan penelitian tindakan kelas.
Jika anda masih ingat pada saat mengikuti perkuliahan program pendidikan sarjana PAUD (guru
PAUD level 6) tentang hasil hasil dari proses asesmen (penilaian) adalah gambaran pencapaian perkembangan setiap anak usia dini pada setiap aspek perkembangan. Gambaran pencapaian aspek perkembangan tersebut kemudian dilaporkan dalam rapor atau dalam bentuk lainnya.
Jika anda mencoba membuat rekapitulasi pencapaian aspek perkembangan pada seluruh anak dalam satu kelas kemudian dibuat profil pencapaian perkembangannya (misalnya pada aspek kognitif) maka anda akan menemukan berapa anak yang mencapai perkembangan sangat baik (BSB = Berkembangan sangat baik), BSH (Berkembang Sesuai Harapan), MB (Mulai Berkembang) dan BB (Belum
Berkembang).
Berdasarkan profil tersebut, anda mungkin menemukan ada 9 anak yang berada dalam kategori BB (Belum berkembang) maka pada kelompok anak ini anda dapat memberikan tindakan kelas (Action in Class) dengan memberikan program dan kegiatan yang tepat.
Tindakan seperti ini kemudian anda teliti menjadi sebuah penelitian tindakan kelas. Jelas dan mudah kan……..hubungan antara asesmen (penilaian) dengan penelitian tindakan kelas. Pada modul ini hanya akan dibahas tentang asesmen perkembangan saja.

=DOWNLOAD= Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Asesmen Perkembangan Anak

Modul Selanjutnya : Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Cara Bermain Anak Usia Dini

Baca Juga referensi lainnya dari Program Guru Belajar Seri PPPK:
Pembelajaran 2: English For Communication
Pembelajaran 3: English For Entertainment
Pembelajaran 4: English For Practical Use
Demikian artikel sangkolan kali ini mengenai Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Asesmen Perkembangan Anak. Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.