Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Cara Bermain Anak Usia Dini

Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Cara Bermain Anak Usia Dini

Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Cara Bermain Anak Usia Dini – Pendidikan Anak Usia Dini adalah layanan yang diberikan pada anak sedini mungkin sejak anak dilahirkan kedunia ini sampai lebih kurang anak berusia enam-delapan tahun.

Pendidikan pada masa-masa ini merupakan sesuatu hal yang penting untuk mendapatkan perhatian dari semua pihak yang bertanggungjawab terhadap tumbuh kembang anak, terutama orangtua dan atau orang dewasa lainnya yang berada dekat dengan anak.

Ibarat menanam sebuah pohon, maka bukan saja benih yang baik yang akan menentukan subur tidaknya pohon tersebut, tetapi juga dipengaruhi oleh lahan tempat dimana pohon itu tumbuh dan tentunya orang yang memelihara tanaman tersebut.

Demikian pula dengan tumbuh kembang anak usia dini, selain bibit yang baik dari kedua orangtuanya berupa potensi bawaan, ditentukan pula lingkungan dimana anak tersebut tumbuh dan berkembang.

Pada modul ini kita menguraikan tentang cara belajar anak usia dini melalui kegiatan bermain. Kegiatan belajar ini akan mengajak Saudara agar mampu menganalisis karakteristik bermain berdasarkan konteks lingkungan anak yang membantu mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan, mensintesa konsep dasar bermain anak usia dini, menganalisis karakteristik bermain untuk anak usia dini.

Selain itu dapat menjelaskan manfaat dan fungsi dari kegiatan bermain anak usia dini, menjelaskan urgensi kegiatan bermain terhadap optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, menjelaskan peran orang dewasa dalam kegiatan bermain anak usia dini dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak abad 21.

Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Cara Bermain Anak Usia Dini
Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Cara Bermain Anak Usia Dini


Baca Juga Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Pembelajaran 1: Teori Belajar

  Modul Belajar Seleksi PPPK Bahasa Inggris

Pembelajaran 2: Karakter Peserta Didik

Pembelajaran 3: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Pembelajaran 4: Desain Pembelajaran

Pembelajaran 5: Dasar Komunikasi

Pembelajaran 6: Konsep Penilaian

Pembelajaran 7: Pengembangan Potensi Peserta Didik

Download Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD

Bermain merupakan kegiatan yang selalu dilakukan oleh anak usia dini setiap hari, sepanjang waktu mereka terjaga. Proses belajar pun dilakukan dengan bermain. Anak menggunakan panca inderanya untuk menjelajahi lingkungan sekitar dalam bermain.
Bermain adalah hak melekat yang dimiliki oleh setiap anak, tanpa terkecuali. Bermain penting bagi kehidupan anak, seperti halnya kebutuhan untuk beristirahat dan beraktivitas secara kreatif sesuai dengan minat mereka.
Hal ini pun ditegaskan dalam UU Perlindungan Anak No. 23/2002 Pasal 11 menyatakan bahwa “setiap
anak berhak untuk beristirahat dan memanfaatkan waktu luang, bergaul dengan anak yang sebaya, bermain, dan berkreasi sesuai dengan minat, bakat, dan tingkat kecerdasannya demi pengembangan diri.
” Dalam undang-undang tersebut jelas sekali bahwa bermain menjadi satu hal yang penting bagi kehidupan anak sehingga pemerintah pun akan menjamin bagaimana keamanan bermain anak.
Bermain bagi anak sama pentingnya dengan hak-hak dasar lainnya seperti hak untuk mendapatkan perlakuan yang bebas dari diskriminasi, hak untuk berkreasi, hak untuk beragama dengan bimbingan orang tua, dan hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

=DOWNLOAD= Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Cara Bermain Anak Usia Dini

Modul Selanjutnya : Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Cara Bermain Anak Usia Dini

Baca Juga referensi lainnya dari Program Guru Belajar Seri PPPK:
Pembelajaran 2: English For Communication
Pembelajaran 3: English For Entertainment
Pembelajaran 4: English For Practical Use
Demikian artikel sangkolan kali ini mengenai Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Cara Bermain Anak Usia Dini. Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.