Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Pendekatan Pembelajaran Di Lembaga Paud

Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Pendekatan Pembelajaran Di Lembaga Paud

Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Pendekatan Pembelajaran Di Lembaga Paud – Pendidikan Anak Usia Dini adalah layanan yang diberikan pada anak sedini mungkin sejak anak dilahirkan kedunia ini sampai lebih kurang anak berusia enam-delapan tahun.

Merujuk pada dokumen kurikulum 2013 PAUD, maka terdapat 2 (dua) pendekatan dalam pembelajaran PAUD, yaitu pendekatan saintifik dan tematik integratif. Kedua pendekatan tersebut diharapkan dapat diterapkan oleh setiap guru dalam proses pembelajaran bagi anak yang sedang mengikuti pendidikan di lembaga PAUD.

Baik itu pembelajaran melalui bermain di dalam kelas, diluar kelas ataupun di luar sekolah (outing class). Selain, itu kegiatan pembelajaran STEAM diharapkan ikut mewarnai proses pembelajaran anak usia dini.

Pendekatan saintifik adalah salah satu pendekatan dalam membangun cara berpikir agar anak memiliki kemampuan menalar yang diperoleh melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar sampai pada mengomunikasikan hasil pikirnya.

Melalui pendekatan saintifik diharapkan anak dapat mengeksplorasi dunia sekitarnya secara kongrit dan mengalami langsung berbagai proses yang terjadi.

Dalam pendekatan saintifik inilah anak dapat belajar dengan cara melakukan (learning by doing), belajar dengan mengalami secara langsung (learning by experiences), dan belajar berdasarkan stimulasi yang diberikan oleh guru (learning by stimulation).

Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Pendekatan Pembelajaran Di Lembaga Paud
Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Pendekatan Pembelajaran Di Lembaga Paud

 

Pendekatan pembelajaran tematik merupakan suatu strategi pembelajaran yang melibatkan beberapa pengembangan untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada anak. Keterpaduan dalam pembelajaran ini dapat dilihat dari aspek proses atau waktu, aspek kurikulum, dan pembelajarannya.
Merujuk pada teori neurosains, pembelajaran tematik sesuai dengan pola kerja otak, karena dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan. Pembelajaran tematik diterapkan pada anak usia dini karena pada umumnya mereka masih memandang segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistic).
Perkembangan fisiknya tidak pernah dapat dipisah dengan perkembangan mental, sosial, dan emosional sehingga kegiatan pembelajaran kesemua aspek perkembangan tersebut harus distimulasi secara bersamaan atau terintegrasi satu dan lainnya.
Pendekatan pembelajaran STEAM merupakan kondisi yang disiapkan oleh guru agar dapat mendorong anak untuk membangun pengetahuan tentang dunia di sekeliling mereka melalui mengamati, menanya, dan menyelidiki.
Perkembangan kekinian yang ada adalah inspirasi untuk menguatkan muatan kurikulum yang sudah ada sebagai persiapan/bekal bagi masa depan anak. Pada dasarnya Kurikulum 2013 adalah kurikulum PAUD di Indonesia saat ini yang sudah bermuatan STEAM.

Baca Juga Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Pembelajaran 1: Teori Belajar

Pembelajaran 2: Karakter Peserta Didik

Pembelajaran 3: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Pembelajaran 4: Desain Pembelajaran

Pembelajaran 5: Dasar Komunikasi

Pembelajaran 6: Konsep Penilaian

Pembelajaran 7: Pengembangan Potensi Peserta Didik

Download Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD

Pendekatan saintifik dan tematik integratif dalam kurikulum 2013 PAUD serta muatan materi STEAM yang sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini di lembaga PAUD.
Hal ini dikarenakan pendekatan ini sesuai dengan karakteristik perkembangan dan kebutuhan anak usia dini. Selain itu, pendekatan ini sangat sesuai dengan model pembelajaran yang berbasis perkembangan otak sebagai alat berpikir manusia.

=DOWNLOAD= Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Pendekatan Pembelajaran Di Lembaga Paud

Modul Selanjutnya : Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Cara Bermain Anak Usia Dini

Baca Juga referensi lainnya dari Program Guru Belajar Seri PPPK:
Demikian artikel sangkolan kali ini mengenai Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Pendekatan Pembelajaran Di Lembaga Paud. Semoga Bermanfaat