SNMPN 2021 Solusi Terbaik Bagi Yang Tidak Diterima SNMPTN 2021 ?

SNMPN 2021 Solusi Terbaik Bagi Yang Tidak Diterima SNMPTN 2021 ?

Istilah SNMPN 2021 sangat mirip dengan SNMPTN 2021, Namun apa perbedaannya ? SNMPN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri sedangkan SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Keduanya hampir mirip namun perbedaan yang paling mencolok adalah Jenjang Pendidikan yang dipilih. SNMPTN 2021 diperuntukkan bagi jenjang pendidikan S1 dan D4 sedangkan SNMPN diperuntukkan bagi jenjang pendidikan Diploma 3(D3) saja. Untuk lebih lengkapnya akan kami share pada artikel berikutnya. Pad kali ini kita akan berfokus pada SNMPN 2021.

Pendaftaran SNMPN 2021
Pendaftaran SNMPN 2021

Melansir dari website resmi SNMPN 2021, Jalur SNMPN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Dasar Pelaksanaan SNMPN 2021 

Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) pada tahun 2014 menetapkan pola Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK- PN) akan dilakukan bersama dan diikuti oleh seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia (sebanyak 38 Politeknik Negeri) secara on-line. Hal ini dilaksanakan dengan berdasarkan pada UU No. 12 Tahun 2012, PP No. 66 dan PP No. 34 Tahun 2010.

Dari tahun ke tahun jumlah politeknik peserta jalur penerimaan ini meningkat. Dan hingga tahun 2021 tercatat sejumlah 44 politeknik yang mengikuti seleksi ini. Sejak 2020, istilah PMDK-PN berganti nama menjadi Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN). Meski terdapat perubahan penamaan, namun mekanisme dan proses seleksi jalur ini masih sama seperti PMDK-PN dan diikuti pula oleh 44 politeknik negeri se-Indonesia. Selain itu, mulai tahun 2021 SNMPN hanya mengadakan proses pendaftaran untuk jenjang pendidikan Diploma 3 (D3), sedangkan jenjang pendidikan Sarjana Terapan atau Diploma 4 (D4) proses seleksi melalui SNMPTN yang diselenggarakan oleh LTMPT.

  Kisi-Kisi USP & EHB-BKS Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Prancis Tahun 2020-2021 Terbaru

Mekanisme Pendaftaran SNMPN 2021 

Pendaftaran calon peserta/Siswa melalui jalur SNMPN tidak dikenakan biaya apapun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

Pendaftaran SNMPN

Pendaftaran SNMPN
(11 Januari – 19 Maret 2021)
Pendaftaran oleh siswa dimulai pada 11 Januari hingga 19 Maret 2021
PENDAFTARAN SNMPN GRATIS DAN TIDAK DIPUNGUT BIAYA SAMA SEKALI OLEH PENYELENGGARA SNMPN
Pengisian Data oleh Sekolah
(11 Januari – 12 Maret 2021)
Permohonan akun atau undangan dan pengisian data oleh sekolah dimulai pada 11 Januari hingga 12 Maret 2021
Verifikasi Berkas
(18 Januari – 26 Maret 2021)
Pengiriman berkas atau tidak tergantung pada Politeknik pilihan pertama Siswa, perhatikan Form Finalisasi Anda untuk mengetahui apakah harus mengirimkan berkas atau tidak serta mengetahui batas waktu pengiriman berkas
Pengumuman
(6 April 2021)
Pengumuman SNMPN diumumkan pada tanggal 6 April 2021. Bagi siswa yang lolos jalur SNMPN diharapkan segera melakukan daftar ulang sesuai ketentuan dan persyaratan masing-masing politeknik yang bersangkutan.
Untuk Lebih mendalami Informasi terkait SNMPN 2021, teman-teman bisa mendownload panduanya di bawah ini

Download Panduan Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri 2021

Untuk Mendapatkan Berita Terbaru dari kami Kunjungi Disini 

Baca juga : 

Demikian artikel sangkolan kali ini mengenai SNMPN 2021 Solusi Terbaik Bagi Yang Tidak Diterima SNMPTN 2021 ?. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua.

Silahkan tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan yang ingin diajukan.

  Alur Registrasi Dan Verifikasi Akun LTMPT Bagi Siswa Yang Akan Mengikuti SNMPTN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.