Soal dan Kunci Jawaban PPG Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban PPG Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik Terbaru

Pada kesempatan hari ini kami ingin membagikan Soal dan Kunci PPG Modul Pedagogik Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 PPG – Pedagogik : Kegiatan Belajar 3 tentang Pembelajaran Digital. Dalam kegiatan belajar 3 ini, Anda akan mengkaji tentang apa itu pembelajaran digital dan prinsip-prinsip apa saja yang sebaiknya diperhatikan pada saat Anda akan menerapkan pembelajaran ataupun kelas digital.

Selain itu, Anda pada kegiatan belajar di modul 3 KB 3 ini akan diajak pula untuk mengenal bentuk-bentuk pembelajaran digital, serta pemanfaatan pembelajaran digital dalam praktek pembelajaran di kelas. Perkembangan teknologi memang akan selalu pesat dalam era globalisasi seperti sekarang ini. Keadaan demikian tidak bisa kita hindari sebagai seorang pendidik.

Bukan berarti kita harus menolak untuk merespon keadaan ini, melainkan kita harus kreatif dan inovatif dalam menggunakan teknologi agar pembelajaran. Pembelajaran digital ini dikaji dengan tujuan Anda sebagai guru nantinya akan dapat mengoptimalkan belajar peserta didik melalui penggunaan teknologi digital dan pendekatan pedagogi yang tepat.

Dengan menguasai pembelajaran digital diharapkan kita sebagai guru nantinya akan mampu menghantarkan peserta didik untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah-masalah yang mereka hadapi secara kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif, serta lebih efektif, dan efisien.

Dengan demikian, kualitas proses pembelajaran yang kita lakukan nantinya dapat terus ditingkatkan menggunakan pendekatan pedagogi dan teknologi yang tepat sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pun tidak lagi monoton dan hanya mempertahankan kebiasaan mengajar secara tradisional.

Capaian Pembelajaran Setelah mempelajari keseluruhan materi pada Kegiatan Belajar 3 Modul 3 ini, Saudara diharapkan mampu menjelaskan konsep, prinsip, dan bentuk pembelajaran digital, serta penerapannya dalam praktek pembelajaran di kelas.

Indikator Capaian Pembelajaran Modul 3 KB 3 tentang Pembelajaran Digital

Adapun tingkat penguasaan Saudara terhadap Capaian Pembelajaran Kegiatan Belajar 2 ini secara rinci akan diukur dari kemampuan Saudara dalam:
a. Menjelaskan konsep dan prinsip pembelajaran digital;
b. Mengidentifikasi bentuk-bentuk pembelajaran digital; dan
c. Menjelaskan penerapan pembelajaran digital dalam praktek pembelajaran di kelas.

Pokok-pokok materi Modul 3 KB 3 tentang Pembelajaran Digital

a. Konsep dan prinsip pembelajaran digital
b. Ragam pembelajaran digital
c. Pembelajaran digital dalam praktek pembelajaran di kelas.

Rangkuman Materi Modul 3 KB 3 tentang Pembelajaran Digital

Pembelajaran digital adalah praktik pembelajaran yang menggunakan teknologi secara efektif untuk memperkuat pengalaman belajar peserta didik yang menekankan instruksi berkualitas tinggi dan menyediakan akses ke konten yang menantang dan menarik, umpan balik melalui penilaian formatif, peluang untuk belajar kapan saja dan di mana saja, dan instruksi individual untuk memastikan semua peserta didik mencapai potensi penuh mereka.

Pada dasarnya, pembelajaran digital diterapkan dengan menggunakan beberapa prinsip, yakni; personalisasi, partisipasi aktif peserta didik, aksesibilitas, dan penilaian.

Dalam hal pemanfaatan pembelajaran digital, setidaknya ada 3 potensi atau fungsi pembelajaran digital yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai alat komunikasi, alat mengakses informasi, dan alat pendidikan atau pembelajaran. Terkait dengan ragam pemanfaatan Pembelajaran Digital, ada beberapa aplikasi yang dapat diintegrasikan dan dimanfaatkan dalam kelas digital, diantaranya adalah penggunaan mobile learning atau m-learning, pemanfaatan media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Snapchat, Twitter, Whatsapp, Line, dan sebagainya; pemanfaatan pembelajaran berbasis permainan, serta pemanfaatan Cloud Computing.

gabung di grup berbagi jawaban PPG Terbaru di https://t.me/kuncijawabanppg

sangkolan.com - Soal dan Kunci Jawaban PPG Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik Terbaru
sangkolan.com – Soal dan Kunci Jawaban PPG Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 PPG 2020 Terbaru 

1). Pembelajaran yang melibatkan penggunaan alat dan teknologi digital secara inovatif selama proses belajar mengajar sering juga disebut sebagai ….
a. distance educatio
b. open learning
c. Pembelajaran Digital 
d. mobile learning

2). Salah satu fungsi yang tercipta melalui jaringan (networking) yang tidak hanya mencakup fasilitas yang sangat dan sering dibutuhkan, seperti printer atau modem, namun juga berkaitan dengan data atau program aplikasi tertentu, adalah …..
a. fungsi caring
b. fungsi sharing 
c. fungsi managing
d. fungsi organising

3). Salah satu prinsip penerapan Pembelajaran Digital yang mendasarkan pada kemampuan peserta didik, pengetahuan sebelumnya (prior knowledge), dan kenyamanan belajar peserta didik, yakni …..
a. prinsip aksesibilitas
b. prinsip penilaian
c. prinsip partisipasi
d. prinsip personalisasi  

4). Di dalam prinsip penerapan Pembelajaran Digital, yakni prinsip penilaian, bagian penting dari penerapan prinsip tersebut dalam Pembelajaran Digital agar terjadi proses evaluasi yang mendalam dan komprehensif adalah ….
a. aksesibilitas
b. reward dan punishment
c. pemantauan dan umpan balik berkelanjutan 
d. perangkat keras dan perangkat lunak

5). Salah satu keuntungan terbesar dari platform Pembelajaran Digital adalah memungkinkan peserta didik untuk bersosialisasi, berkolaborasi, dan berinteraksi dengan sesama peserta didik di web yang disebut juga dengan istilah ….
a. social engagement 
b. analisis progres
c. mix approach
d. media sosial

6). Di dalam pemanfaatan Pembelajaran Digital dimana peserta didik dapat mengakses berbagai referensi, baik yang berupa hasil penelitian, maupun artikel hasil kajian dalam berbagai bidang, disebut dengan ….
a. potensi pembelajaran
b. potensi pendidikan
c. potensi akses informasi 
d. potensi alat komunikasi

7). Salah satu ragam Pembelajaran Digital yang disampaikan (atau didukung) oleh teknologi mobile dalam proses pembelajaran maupun terintegrasi dalam aktivitas pembelajarannya, disbeut juga dengan ….
a. pembelajaran berbasis Cloud Computing
b. pembelajaran berbasis permainan
c. media sosial
d. mobile learning  

8). Game-Based Learning (GBL) berfokus pada permainan yang tujuannya bukan untuk menghibur melainkan untuk tujuan pembelajaran dengan terlebih dahulu mengidentifikasi konteks dan kondisi yang mendukung integrasi dari permainan digital dengan ….
a. lingkungan belajar formal dan informal 
b. peserta didik lain secara virtual
c. ketersediaan aplikasi yang dimiliki oleh peserta didik
d. perangkat keras dan perangkat lunak

9). Cloud Computing merupakan konsep dimana komputasi merupakan sebuah model yang memungkinkan terjadinya penggunaan berbagai macam sumber daya, yakni jaringan, server, media penyimpanan, aplikasi, dan service secara ….
a. terpisah
b. terhubung
c. bersama-sama 
d. langsung

10). Layanan pemyimpanan berkas, dokumen, presentasi, form dan spreadsheet pada layanan software as a service, dimana pengguna tinggal menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang sudah disediakan, disebut juga dengan ….
a. Microsoft
b. Adobe Suite
c. Adobe Creative Cloud
d. Google Drive 

Silahkan tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan yang ingin diajukan. 

Baca Juga : 
Soal dan Kunci Jawaban Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidik :

Soal dan Kunci Jawaban Modul 2 Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 :