Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PJOK Pembelajaran 1 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Paradigma Baru PJOK

Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PJOK Pembelajaran 1 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Paradigma Baru PJOK 

Pada Kesempatan kali ini kami akan membagikan SSoal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PJOK Pembelajaran 1 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Paradigma Baru PJOK. Berdasarkan Modul Guru Belajar Calon ASN PPPK, Pada Modul Pembelajaran PJOK terdapat 12 materi pembelajaran yaitu :

  • Pembelajaran 1: Paradigma Baru PJOK 
  • Pembelajaran 2: Elemen Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototype 
  • Pembelajaran 3: Lingkup dan Urutan Materi Pembelajaran PJOK 
  • Pembelajaran 4: Ilmu Dasar Kepenjasan 
  • Pembelajaran 5: Konsep-Konsep Penting PJOK dan Keterkaitannya 
  • Pembelajaran 6: Analisis KI-KD Berdasarkan Konsep Interdisiplin dan Multidisiplin 
  • Pembelajaran 7: Ilmu Penunjang Kepenjasan 
  • Pembelajaran 8: Teori Belajar Gagne 
  • Pembelajaran 9: Tujuan Pembelajaran 
  • Pembelajaran 10: Model Pembelajaran Aktif 
  • Pembelajaran 11: Keterampilan Berpikir Kritis 
  • Pembelajaran 12: Konsep dan Prinsip Asesmen, Teknik Penilaian Berbasis Kelas, dan Umpan Balik 

Di bawah ini kami sediakan Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PJOK Pembelajaran 1 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Paradigma Baru PJOK .

sangkolan.com - Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PJOK Pembelajaran 1 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Paradigma Baru PJOK
sangkolan.com – Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PJOK Pembelajaran 1 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Paradigma Baru PJOK 

Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PJOK Pembelajaran 1 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Paradigma Baru PJOK 

Soal 1.
Pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan pada umumnya yang mempengaruhi potensi peserta didik dalam hal kognitif, afektif, dan psikomotor melalui aktivitas jasmani. 
Pada prinsipnya pendidikan jasmani adalah… 
a.aktivitas pendidikan yang dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik yang bertujuan untuk memanfaatkan waktu luang 
b.pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler, perseptual, kognitif dan emosional
c.pendidikan yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya 
d.pendidikan tentang aktivitas jasmani dan keolahragaan yang dilakukan atas dasar kecintaan atau kegemaran berolahraga melalui permainan 
e.aktivitas pendidikan yang dilakukan oleh guru untuk membina dan mengembangkan peserta didik secara terencana benjenjang dan berkelanjutan 
Soal 2.
Beban belajar di sekolah dalam masa pandemic Covid-19 memberikan dampak pada kurang bergeraknya peserta didik. Melalui pendidikan jasmani diharapkan permasalahan tersebut dapat diatasi. Hal efektif berikut manakah yang dapat memberikanmanfaat peserta didik di masa pandemi? 
a.Memberikan kesempatan untuk bergerak sesuai kebutuhan gerak dan keinginannya. 
b.Mendesain pembelajaran melalui aktivitas gerak yang cukup dan menggembirakan. 
c.Memberikan lembar kerja siswa untuk melakukan berbagai pola gerak dasar di rumah. 
d.Mendesain pembelajaran untuk mengakomodir pemenuhan kebutuhan gerak. 
e.Mendesain pembelajaran melalui metode permainan yang menggembirakan. 
Soal 3.
Salah satu tujuan pendidikan jasmani adalah mengembangkan nilai-nilai pribadi dan sikap diri sendiri melalui partisipasi dalam aktivitas jasmani baik secara berkelompok maupun perorangan. Kondisi ideal yang bagaimana yang harus dimiliki peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan jasmani dalam pembelajaran PJOK? 
a.memiliki pengetahuan tentang keterampilan gerak dalam pembelajaran PJOK 
b.aktif bertanya tentang apa yang tidak diketahui dalam pembelajaran PJOK 
c.berani mencoba dan mengambil resiko dalam pembelajaran PJOK 
d.motivasi dan percaya diri tinggi dalam mengikuti pembelajaran PJOK 
e.aktif melakukan gerakan-gerakan yang menunjang pembelajaran PJOK 
Soal 4.
Pada pendidikan jasmani, program yang dikembangkan sebagai sarana untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangan totalitas subjek, sedangkan pendidikan olahraga merupakan program yang dikembangkan sebagai sarana untuk mencapai prestasi optimal. Pernyataan tersebut merupakan perbedaan pendidikan jasmani dan pendidikan olahraga ditinjau pada komponen…. 
a.lamanya 
b.  intensitas  
c.  orientasi  
d.  materi 
e.  tujuan 
Soal 5.
Manakah pernyataan yang tepat mengenai perbedaan pendidikan jasmani dan pendidikan kesehatan? 
a.Pendidikan jasmani membentuk bagian tubuh tertentu sesuai dengan fungsi kecabangan yang dikembangkan secara optimal sedangkan pendidikan kesehatan menjadikan peserta didik lebih tahu dan lebih baik tentang pengetahuan kesehatan. 
b.Pendidikan jasmani merubah perilaku peserta didik dalam menerapkan hidup sehat melalui aktivitas fisik sedangkan pendidikan kesehatan merubah perilaku hidup sehat peserta didik secara menyeluruh baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor. 
c.Pendidikan jasmani menitikberatkan pada pencegahan timbulnya penyakit melalui aktivitas fisik sedangkan pendidikan kesehatan menitikberatkan pada pengetahuan tentang komponen kebugaran jasmani yang terkait dengan kebugaran dan kesehatan. 
d.Pendidikan jasmani dirancang sebagai pemenuhan kebutuhan gerak dasar dan keinginan peserta didik sedangkan pendidikan kesehatan dirancang untuk mencapai intensitas kerja fisik sehingga melebihi kemampuan optimal melalui aktivitas fisik 
e.Pendidikan jasmani menjadikan peserta didik tahu tentang kesehatan dan mendapatkan manfaat tubuh yang sehat melalui akivitas fisik sedangkan pendidikan kesehatan menjadikan peserta didik lebih tahu dan lebih baik tentang pengetahuan kesehatan. 
 
Soal 6.
Kemajuan teknologi yang dicapai saat ini memberikan dampak pada kurang bergeraknya peserta didik. Melalui pendidikan jasmani diharapkan permasalahan tersebut dapat diatasi. Berikut merupakan manfaat dari pendidikan jasmani di sekolah? 
a.mengenalkan pentingnya aktivitas fisik  
b.  memenuhi kebutuhan anak akan gerak  
c.  menanamkan karakter pantang menyerah 
d.  menanamkan karakter pantang menyerah 
e.  memberikan kebebasan bergerak aktif 
Soal 7.
Pendidikan jasmani merupakan bagian dari pendidikan secara umum yang memanfaatkan alat fisik untuk mengembangkan keutuhan manusia. Salah satu bagian program pendidikan jasmani adalah pendidikan olahraga. Yang dimaksud pendidikan olahraga itu sendiri adalah….. 
a.Aktivitas jasmani yang dilakukan dalam bentuk permainan olahraga di sekolah sebagai upaya untuk mengembangkan prestasi peserta didik. 
b.Bagian dari proses pendidikan untuk mengembangkan dan membina potensi jasmani dan rohani seseorang sebagai individu atau anggota masyarakat. 
c.Proses pendidikan yang mengembangkan dan membina individu sebagai anggota masyarakat untuk mengaktifkan kegiatan olahraga di masyarakat. 
d.Kegiatan olahraga yang dirancang dan dilaksanakan melalui pendidikan jasmani di sekolah untuk mengembangkan prestasi olahraga peserta didik. 
e.Proses pendidikan individu secara menyeluruh yang dilakukan melalui kegiatan olahraga dan bertujuan untuk memperoleh prestasi setinggi-tingginya. 
Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PJOK 
Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul IPS Lainnya :
Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul IPA Lainnya :

Untuk Mendapatkan Berita Terbaru dari kami Kunjungi Disini

Baca Juga Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

gabung di grup berbagi jawaban PPG Terbaru di https://t.me/kuncijawabanppg

Pembelajaran 1: Teori Belajar

Pembelajaran 2: Karakter Peserta Didik

Pembelajaran 3: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Pembelajaran 4: Desain Pembelajaran

Pembelajaran 5: Dasar Komunikasi

Pembelajaran 6: Konsep Penilaian

Pembelajaran 7: Pengembangan Potensi Peserta Didik

Demikian artikel sangkolan.com mengenai Soal dan Kunci Jawaban Reviu Modul PJOK Pembelajaran 1 Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Paradigma Baru PJOK.