Soal TryOut PPPK Guru Tahap 2 Mapel PJOK dan Pembahasan

Sangkolan.com – Soal TryOut PPPK Guru Tahap 2 Mapel PJOK dan Pembahasan. Berikut ini kami bagikan Soal TryOut PPPK Guru Tahap 2 Mapel PJOK dan Pembahasan.

Kami bagikan Kumpulan Tryout Online PPPK Tahap 2 Tahun 2021 Kompetensi Teknis Guru kepada para guru hebat pejuang PPPK 2021. Latihan Tryout PPPK Online ini kami bagikan untuk anda agar mempersiapkan diri mengahadapi seleksi ASN P3K guru tahun 2021.

Silahkan pahami dulu soal-soal berikut kemudian kerjakan 10 Soal TryOut PPPK Guru Tahap 2 Mapel PJOK dan Pembahasan pada link yang sudah kami sediakan di paling bawah.

soal tryout pppk 2021
soal tryout pppk 2021

1. Manakah rumusan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan standar kompetensi mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik …
A. Menjelaskan dan mengidentifikasi lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar
B. Menjelaskan lempar tangkap bola dengan 4 variasi yang berbeda dengan benar
C. Mempraktekkan shooting dengan 4 variasi berbeda dengan benar
D. Mengevaluasi gerak lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda secara benar
E. Mempraktekkan lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar

Pembahasan Ketentuan perumusan indikator
1. Indikator dirumuskan dari KD
2. Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur
3. Dirumuskan dalam kalimat yang simple, jelas dan mudah dipahami
4. TIdak menggunakan kata yang bermakna ganda
5. Hanya mengandung satu tindakan
6. Minimal terdiri dari dua aspek yaitu tingkat kompetensi dan materi pelajaran
7. Memperhatikan karakterisitik mata pelajaran. potensi & kebutuhan peserta didik dan lingkungan.
Jawaban ; C

2. Perencanaan pembelajaran harus dilakukan oleh guru PJOK sebelum pelaksananaan pembelajaran, dengan mempertimbangkan materi, proses, sumber belajar, dan juga media pembelajaran. Apabila ada guru yang akan mengajar senam di sekolah yang tereletak di daerah pinggiran, tidak ada internet, belum memiliki proyektor. Media apa yang tepat digunakan oleh guru tersebut
A. Video
B. Gambar
C. Guru/Siswa
D. Boneka Peraga
E. Modul

  Modul Belajar Seleksi PPPK Guru IPA : Gelombang Optik, Dan Listrik Magnet

Pembahasan
Media yang tepat digunakan oleh guru adalah guru/siswa sebagai media pembelajaran efektif dan efisien. Gambar dan boneka peraga kurang tepat karena perlu bahan (biaya).
Jawaban:C

3. Merumuskan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir merupakan rincian dari pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang diturunkan dari komponen pada silabus yang berupa
A. Standar kompetensi
B. Materi pokok/pembelajaran
C. Langkah-langkah pembelajaran
D. Alokasi waktu
E. Sumber belajar
Pembahasan
Merumuskan kegiatan awal adalah salah satu langkah-langkah pengembangan RPP yaitu perumusan indikator pencapaian KD pada Ki-1, K-2, Kl-3, dan Kl-4.
Jawaban: C

4. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran seorang guru PJOK memberikan hukuman kepada siswa yang salah dalam melakukan praktek lompat tinggi gaya menyamping, dalam hal ini sebenarnya guru PJOK telah memberikan umpan balik pada kategori..
A. Ekstrinstik
B. Instrknstik
C. Motivasional
D. Informasional
E. Reinforcement
Pembahasan
Dalam konteks pembelajaran penjas, umpan balik juga sebagai penguat/reinforcement atas tindakan atau perilaku yang sudah dilakukan siswa. Jika perilaku siswa itu sesuai dengan harapan guru maka hal itu harus diperkuat untuk tetap dipelihara.
Jawaban:E

5. Seorang guru PJOK sedang mengajarkan materi gerak rangkaian guling depan dan guling lenting, dengan cara menjelaskan dengan suara lantang, kemudian memberi contoh dalam berbagai posisi, berkeliling untuk melihat secara lebih dekat Gerakan yang dilakukan oleh siswa, memperhatikan peserta didik dengan menyebutkan Namanya, memandang mata peserta didik yang sedang diajak bicara. Dengan demikian guru tersebut sudah melaksanakan variasi dalam..
A. Penggunaan media
B. Gaya megajar
C. Pola interaksi
D. Kegiatan siswa
E. Metode mengajar
Pembahasan
Komponen variasi dalam gaya mengajar:
1. Penggunaan variasi suara
2. Pemusatan perhatikan siswa
3. Kesenyapan gurd
4. Mengadakan kontak pandang dan gerak
5. Gerakan badan dan mimik
6. Pergantian posisi guru di dalam kelas
Jawaban:B

  Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Cara Bermain Anak Usia Dini

6. Guru menerapkan aturan disiplin kelas, peserta didik yang terlambat lebih dari lima menit dihukum lari keliling lapangan sepakbola sebanyak 4 kali. Pengelolaan kelas ini menggunakan pendekatan..
A. Otoriter
B. Permisif
C. Modifikasi tingkah laku
D. Kelompok
E. Individual
Pembahasan
Pendekatan otoriter pengelolaan kelas adalah kegiatan guru untuk mengontrol tingkah laku siswa, guru berperan menciptakan dan memelihara aturan kelas melalui penerapan disiplin secara ketat (waber).
Jawaban : A

7. Guru memberikan pujlan atau hadiah yang menimbulkan perasaan senang atau puas pada peserta didik yang berperilaku positif, menunjukkan peningkatan petorma. Sebaliknya, tingkah laku yang kurang baik dalam melaksanakan progam kelas diberi sanksi atau hukuman yang akan menimbulkan perasaan tidak puas dan pada gilirannya tingkah laku tersebut akan dihindari. Pendidikan pengelolaan kelas yang demikian termasuk …
A. Pendekatan kekuasaan
B. Pendekatan otoriter
C. Pendekatan kebebasan
D. Pendekatan perubahan tingkah laku
E. Pendekatan kerja kelompok
Pembahasan
Pendekatan perubahan tingkah laku yang baik atau positif harus dirangsang dengan pujian atau hadiah yang menimbulkan perasaan senang atau puas. Sebaliknya, tingk yang kurang baik dalam melaksanakan progam kelas diberi sangksi atau hukuman ya menimbulkan perasaan tidak puas dan pada gilirannya tingkah laku tersebut akan dihindari.
Jawaban: D

8. Dalam melakukan penilaian tentang sikap fairplay yang terjadi dalam suatu pertandingan dapat dirumuskan suatu tugas dengan kata kerja di bawah ini ..
A. Menyusun
B. Menghargai
C. Menganalisis
D. Bekerjasama
E. Mentoleransi
Pembahasan
Dalam taksonomi Bloom, kata kerja yang merefleksikan ranah afelktif adalah menerima, menanyakan, menjawab, partisipasi, menerima, dll. Sedangkan menganalisis termasuk dalam ranah kognitif, berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpiki.
Jawaban : C

9. Rubrik dapat digunakan untuk membatu peserta didik mengukur sejauhmana kompetensi yang dimiliki dan dapat digunakan sebagai bagian dari perbaikan pembelajaran. Salah satu tujuan rubrik seperti yang9 digunakan siswa tersebut bisa berfungsi untuk…
A. Memotivasi
B. Menghakimi
C. Menentukan peringkat
D. Kelengkapan administrasi
E. Syarat sertifikasi
Pembahasan
Tujuan dari penilaian rubrik yaitu siswa diharapkan secara jelas memahami dasar penilaian yang akan digunakan untuk mengukur suatu kinerja siswa. Rubrik diharapkan pula dapat menjadi pendorong atau motivator bagi siswa dalam proses pembelajaran.
Jawaban: A

  100.000 Guru Honorer Akan Diangkat Jadi Guru PPPK Tahap 1

10. Guru akan mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan keterampilan motoriknya. Untuk itu guru dapat melakukan dengan menggunakan…
A. Tes tertulis
B. Rubrik
C. Tes komputer
D. Tes keterampilan dan pengukuran
E. Tes lisan
Pembahasan
Salah satu kegunaan tes keterampilan dan pengukuran adalah klasifikasi. Di sekolah biasanya klasifikasi keolahragaan berdasarkan tingkat kelas bukan berdasarkan kemampuan atau keterampilan anak. Oleh karena itu pengelompokkan hendaknya berdasarkan kemampuan umum ketangkasan dan diatur sesuai dengan kemajuan pembelajarannya.
Jawaban : D

Untuk Mencoba Mengerjakan, Silahkan Klik pada Link di bawah ini.

KERJAKAN SOAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.