√Tips dan Trik Mengerjakan Soal PPPK 2021 Dengan Mudah

Sangkolan.com – Pemerintah kembali membuka Program seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 baik CPNS maupun PPPK. Simak Tips dan Trik Mengerjakan Soal PPPK 2021 Dengan Mudah di bawah ini.

Dalam pelaksanaan proses rekrutmen seleksi PPPK 2021 anda akan melewati serangkaian proses. Proses yang pertama adalah seleksi administrasi kemudian dilanjutkan dengan Seleksi Kompetensi Kemampuan yang akan menggunakan CAT UNBK.

baca juga : Latihan Try Out PPPK Update Setiap hari

Pada proses seleksi Kompetensi Kemampuan akan ada beberapa tes yang akan diberikan, yaitu;
Tes Kompetensi Teknis
Tes Kompetensi Manajerial
Tes Kompetensi Sosio Kultural, dan
Tes Wawancara

Tips dan Trik Mengerjakan Soal PPPK 2021 Dengan Mudah
Tips dan Trik Mengerjakan Soal PPPK 2021 Dengan Mudah

baca juga : Twibbon Kibarkan Bendera Merah Putih Serentak Tanggal 1 – 31 Agustus 2021, Lekas Sembuh Indonesia

Para peserta Seleksi PPPK diusahakan untuk mempersiapkan diri dengan baik mulai dari persiapan fisik, psikis dan penguasaan materi.

Dalam mempersiapkan seleksi Kompetensi Kemampuan para pelamar diharap agar bisa datang tepat waktu ke lokasi ujian.

Hal tersebut agar pelamar tidak tergesa-gesa ketika datang ke lokasi ujian dan bisa membiasakan diri dengan lokasi tes.

baca juga : Aplikasi Trading Saham Terbaik untuk Pemula

Berikut ini adalah Tips dan Trik Mengerjakan Soal PPPK 2021 Dengan Mudah.

Tips Sukses Melaksanakan Ujian PPPK 2021.

  • Harap mempersiapkan kelengkapan ujian dengan teliti, jangan sampai melupakan barang-barang penting seperti kartu ujian, hasil tes PCR dan Kartu Deklarasi Sehat.
  • Pastikan untuk datang tepat waktu ke lokasi ujian. Jika perlu, survey lokasi ujian satu hari sebelumnya, agar tidak salah mendatangi lokasi.
  • Usahakan rileks, tenang dan berdoa sebelum memulai ujian
  • Terapkan manajemen waktu, kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang dirasa mudah.
  • Jika ada siswa waktu, gunakan untuk memeriksa kembali jawaban.

baca juga : Investasi Saham Vs Trading Saham Apa Bedanya ?

Trik Sukses Mengerjakan Soal-Soal PPPK 2021
Menghadapi UNBK PPPK 2021 bukan hanya butuh menyiapkan hal teknis, tetapi juga trik menghadapi berbagai jenis soal. Dalam seleksi PPPK terdapat empat tema soal yang diujikan, antara lain tes integritas dan sosiokultural, tes kemampuan manajerial, tes kompetensi teknis, hingga tes bakat skolastik (TBS) .

baca juga : Cek Akun SSCASN Isi dan Cetak Survey Deklarasi Sehat

Pada formasi PPPK guru terdapat satu tema tes lainnya yang diujikan, yaitu tes pendagogik umum. Tes ini digunakan untuk menguji bagaimana pelamar membimbing anak dan bagaimana sebaiknya pendidik menghadapi peserta didiknya.

Setiap soal memiliki kriterianya masing-masing dan apabila betul-betul memahami cara menjawabnya tentu akan menguntungkan di hari ujian.

baca juga : Kartu Deklarasi Sehat CPNS dan PPPK Kapan Dicetak dan Dikumpulkan ?

Berikut tips dan trik mengerjakan ujian PPPK 2021.

  1. Pada soal bertema pelayanan publik yang memuat soal-soal berkaitan unsur kebijakan publik, pilihlah ciri yang paling menguntungkan masyarakat banyak.
  2. Pada soal bertema TIK yang memuat unsur teknologi atau komputer, cari jawaban yang paling maju atau canggih.
  3. Pada tema orientasi kepada orang lain, misalnya soal dalam situasi kelompok, pilihlah jawaban yang berorientasi pada orang lain yang terdapat dalam kelompok, yaitu rekan kerja.
  4. Pada soal bertema kemampuan beradaptasi, misalnya lingkungan kerja baru, sistem baru, rekan kerja, atau atasan baru, pilihlah jawaban yang mencerminkan supel, adaptif, komunikatif, dan mau mencoba hal-hal baru.
  5. Pada soal bertema kemampuan mengendalikan diri, misalnya kegagalan saat ujian, kerugian, atau bangkrut, pilihlah jawaban yang mencerminkan dan menerima kesalahan.
  6. Pada soal bertema kemampuan bekerja mandiri, sebagai contoh sakit ketika ada tugas, maka pilih jawaban yang menegaskan bahwa tugas akan selesai dengan baik oleh diri sendiri.
  7. Pada soal bertema kemauan belajar, misalnya soal yang memuat unsur diklat, pendidikan, kursus, dan bimbel, pilih jawaban yang mencerminkan keinginan yang tinggi untuk belajar terus menerus.
  8. Pada soal bertema orientasi terhadap pelayanan, misalnya terdapat tugas yang berhubungan dengan pihak luar, pilih jawaban yang cenderung dilakukan untuk kepentingan orang lain di luar kelompok.
  9. Pada soal yang memiliki unsur kebijakan publik bertema sosial budaya, pastikan memilih jawaban yang tidak mengandung unsur tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).
  10. Pada soal bertema kreativitas dan inofasi, misalnya adanya unsur baru dalam dunia kerja, pilih jawaban yang kreatif, bebas, dan out of the box.
  11. Pada soal bertema profesionalisme, misalnya ada gangguan dalam pekerjaan, pilih jawaban yang menunjukkan sikap akan tetap fokus bekerja meskipun ditengah-tengah gangguan.
  12. Pada soal betema jejaring kerja, misalnya soal yang mengandung unsur koneksi atau pergaulan, pilih jawaban yang mencerminkan sikap supel dan terbuka ke semua orang.
  13. Pada soal bertema integritas diri, misalnya adanya gangguan pekerjaan mengarah ke tindakan korupsi atau curang, pastikan untuk tidak memilih jawaban yang mengarah ke tindakan KKN atau menyalahgunakan jabatan.
  14. Pada soal yang mengandung unsur tantangan dalam pekerjaan baru yang bisa diraih, pilih jawaban yang mencerminkan antusiasme, suka tantangan, dan semangat berprestasi.
  15. Pada soal bertema kemampuan mengkoordinir atau menggerakkan orang lain sebagai atasan, pastikan memilih jawaban yang berisi perintah kepada orang lain secara jelas.
  16. Pada soal bertema tugas dan kerjasama kelompok, pilih jawaban yang berkaitan dengan kerja sama dalam kelompok.

Baca Juga : PESERTA SELEKSI CASN WAJIB SWAB TEST RT PCR RAPID TEST ANTIGEN, SIMAK EDARAN BKN TERBARU !

Trik di atas kami kutip dari beberapa sumber berikut.
PGRI Tulungagung.or.id
tirto.id

Try Out Soal PPPK Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK