Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Modul Belajar Seleksi PPPK Guru PGSD Modul Bahasa Indonesia

Modul Belajar Seleksi PPPK Guru PGSD Modul Bahasa Indonesia

Modul Belajar Seleksi PPPK Guru PGSD Modul Bahasa Indonesia - Pemahaman yang kuat terhadap pola dan variasi teks merupakan modal budaya atau cultural capital bagi manusia. 

Pemahaman tentang ragam teks dapat membantu menciptakan koneksi antara pembaca dan penulis. Pembaca akan mampu membaca cepat, dan penulis akan mampu mengantisipasi harapan pembaca ketika membaca tulisannya berdasarkan teks sejenis yang sudah dibaca sebelumnya.

Dalam Modul Belajar Seleksi PPPK Guru PGSD Modul Bahasa Indonesia ini, Saudara akan mempelajari ragam teks dan satuan bahasa pembentuk teks. Pada pokok bahasan ragam teks, diuraikan materi tentang teks faktual, teks tanggapan, teks cerita dan teks normatif. 

Selanjutnya, pada pokok uraian satuan bahasa pembentuk teks diuraikan materi tentang kalimat dan paragraf.

 

Modul Belajar Seleksi PPPK Guru PGSD Modul Bahasa Indonesia
Modul Belajar Seleksi PPPK Guru PGSD Modul Bahasa Indonesia

Baca Juga Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Download Modul Belajar Seleksi PPPK Guru PGSD Modul Bahasa Indonesia

Modul Belajar Seleksi PPPK Guru PGSD Modul Bahasa Indonesia ini disusun secara cermat sesuai dengan tujuan yang harus dicapai dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. 

Materi yang disajikan relevan dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional ketika mengabdikan dirinya dalam dunia pendidikan dalam rangka mencerdaskan generasi bangsa Indonesia.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa, “Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. 

Kompetensi profesional guru, merupakan kemampuan di dalam penguasaan materi pembelajaran, konsep, struktur keilmuan, serta masalah-masalah timbul di dalam pembelajaran. 

Di dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, salah satu kompetensi yang harus dikuasai adalah materi kebahasaan tentang ragam teks dan satuan bahasa pembentuk teks.

Tidak hanya menguasai materi, Saudara juga akan mampu mengembangkan materi ragam teks dan satuan bahasa pembentuk teks secara kreatif dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. Hal ini mengingat siswa sekolah dasar memerlukan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan.

Di dalam Modul Belajar Seleksi PPPK Guru PGSD Modul Bahasa Indonesiaini, Saudara akan belajar tentang bagaimana memahami peserta didik dengan karakter dan kemampuan bahasa yang beragam dari segi perkembangan bahasa, ragam teks dan satuan bahasa pembentuk teks. 

Di samping itu Saudara diminta merancang perencanaan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan konteks ragam teks dan satuan bahasa pembentuk teks.

=DOWNLOAD= Modul Belajar Seleksi PPPK Guru PGSD Modul Bahasa Indonesia

Modul Selanjutnya : Modul Belajar Seleksi PPPK Guru TK/PAUD Cara Bermain Anak Usia Dini

Demikian artikel sangkolan kali ini mengenai Modul Belajar Seleksi PPPK Guru PGSD Modul Bahasa Indonesia. Semoga Bermanfaat

Post a Comment for "Modul Belajar Seleksi PPPK Guru PGSD Modul Bahasa Indonesia"