Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Unduh Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK

Sangkolan.com – Berikut ini adalah Unduh Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK Kurikulum Merdeka 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Adalah dokumen yang memuat prinsip, strategi, dan contoh yang digunakan sebagai panduan oleh guru dan satuan pendidikan dalam melaksanakan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan asesmen.

Pembelajaran meliputi kegiatan dalam merumuskan sebuah capaian pembelajaran menjadi tujuan membelajaran dan cara-cara yang digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Sedangkan Asesemen merupakan kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung dalam mengumpulkan bukti tercapainya sebuah tujuan pembelajaran.

Panduan-Pembelajaran-dan-Asesmen-PPA-Kurikulum-Merdeka
Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum Merdeka

Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK Kurikulum Merdeka 2022.

Pemerintah telah menetapkan Capaian Pembelajaran yang menjadi rujukan utama dalam pengembangan rancangan pembelajaran, khususnya untuk kegiatan intrakurikuler.

Panduan ini memfasilitasi proses berpikir dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari menganalisis capaian pembelajaran , tujuan pembelajaran mengembangkan alur tujuan pembelajaran, modul ajar, serta asesmen pada awal pembelajaran dan pembelajaran terdiferensiasi.

Dokumen ini juga memuat perencanaan serta pelaksanaan asesmen yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan hasil penilaian atau asesmen.

PPA difokuskan untuk pembelajaran dan asesmen intrakurikuler, sedangkan panduan untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila disampaikan dalam dokumen terpisah.

Cara Menggunakan Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK Kurikulum Merdeka 2022.

Satuan pendidikan dan pendidik diberikan kebebasan untuk mengembangkan pembelajaran, perangkat ajar, dan asesmen sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerahnya.

Satuan pendidikan dan pendidik juga memiliki keleluasaan untuk menentukan jenis, teknik, bentuk instrumen, dan waktu pelaksanaan asesmen berdasarkan karakteristik tujuan pembelajaran.

Dalam penggunaannya, dokumen ini perlu memperhatikan beberapa regulasi lain:

  • Keputusan Mendikbudristek tentang Kurikulum Merdeka;
  • Keputusan Kepala BSKAP tentang Profil Pelajar Pancasila; dan
  • Keputusan Kepala BSKAP tentang Capaian Pembelajaran.

Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK Kurikulum Merdeka 2022.

Untuk lebih memahami Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK Kurikulum Merdeka 2022 anda bisa mengunduh file lengkapnya pada tautan yang sudah kami sediakan berikut ini.

Panduan Pembelajaran & Asesmen (PPA) Kurikulum Merdeka

Demikian informasi terbaru terkaitPanduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK Kurikulum Merdeka 2022. Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Unduh Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK"