Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

ATP PAI Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Tahun 2023/2024

Sahabat Sangkolan, Berikut ini adalah ATP PAI Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Tahun 2023/2024. Alur Tujuan Pembelajaran adalah serangkaian tujuan pembelajaran yang secara sistematis dan logis disusun dalam fase pembelajaran yang sudah ditentukan. ATP menjadi acuan guru untuk mencapai capaian pembelajaran siswa di akhir setiap fase.

Setiap jenjang satuan Pendidikan dan pendidik biasanya memakai Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar yang beragam.

ATP pada Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) di kurikulum Merdeka mirip dengan Silabus pada Kurikulum 2013. Para Pendidik bisa membuat alur pembelajaran tersendiri tersusun dari rangkaian tujuan pembelajaran yang dirangkai secara bertahap sesuai dengan tahapan pembelajaran.

Penyusunan dan perincian Alur  Tujuan Pembelajaran sebagai pengarah untuk pendidik pada perencanaan, pengimplementasian dan evaluasi pembelajaran dengan menyeluruh, akhirnya capaian pembelajaran bisa diperoleh dengan sistematis, konsisten, terarah dan terukur.

ATP PAI Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Tahun 2023/2024
ATP PAI Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Tahun 2023/2024

Penggunaan kata kerja operasional (KKO) pada tiap rumusan tujuan pembelajaran menjembatani pendidik pada saat identifikasi indikator dan kegiatan pembelajaran yang bisa sangat berkaitan bersama opsi materi ajar dan macam evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan dalam bentuk formatif maupun sumatif.

Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran

Perlu diketahui bahwa dalam Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran harus memenuhi beberapa prinsip berikut, yaitu:

Penyusunan ATP Sederhana dan Informatif

Perumusan Alur Tujuan Pembelajaran bisa dipahami penulis itu sendiri ataupun pembaca. Penyusunan ATP dilakukan dengan memakai istilah umum dan tidak bermakna ganda atau ambigu. Dalam menggunakan istilah khusus, penulis bisa memberikan penjelasan dengan memberikan kutipan penjelasan atau dalam bentuk glosarium.

Penyusunan ATP Esensial dan Kontekstual

ATP berisi aspek pembelajaran yang  mendasar  yang terdiri atas kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran. Disamping itu penyusunan ATP mempertimbangkan tersedianya pengalaman belajar yang relevan dalam kehidupan nyata yang bisa terdiri dari aktivitas menantang, menyenangkan dan bermakna.

Penyusunan ATP Berkesinambungan

Penyusunan ATP masing-masing fase dan tujuan pembelajaran saling berkesinambungan, runut, sistematis, dan berjenjang dalam memperoleh Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dikhususkan di tiap mata pelajaran. Penyusunan ATP dilaksanakan dalam tahapan berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Untuk anda yang ingin mendownload Alur Tujuan Pembelajaran PAI dan BP Kelas 1 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka silahkan melalui tautan link yang ada dibawah ini:

ATP PAI Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Tahun 2023/2024

Penyusunan ATP Pengoptimalan tiga aspek kompetensi

Penyusunan ATP merupakan Pengoptimalan tiga aspek kompetensi yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Hal ini sesuai dengan tahapan kognitif (mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta) dan dimensi pengetahuan (faktual-konseptual-prosedural-metakognitif). Pengoptimalan ini juga dilaksanakan dalam menumbuhkan kecakapan hidup (kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif) serta beriman, berkebinekaan global, bergotong-royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

Merdeka Belajar

Prinsip utama penyusunan ATP adalah pemahaman istilah merdeka belajar antara lain: 1) Memerdekakan siswa dalam berpikir dan bertindak pada ranah akademis dan bertanggung jawab secara moral. 2) Memfasilitasi dan menginspirasi kreativitas siswa dengan mempertimbangkan keunikan individualnya (kecepatan belajar, gaya dan minat).
3) Mengoptimalkan peran dan kompetensi guru dalam merumuskan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
Operasional dan Aplikatif. 4) Rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripsikan proses pembelajaran dan penilaian secara utuh yang dapat menjadi acuan operasional yang aplikatif untuk merancang modul ajar.

Untuk anda yang ingin mendownload Alur Tujuan Pembelajaran PAI dan BP Kelas 1 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka silahkan melalui tautan link yang ada dibawah ini:

ATP PAI Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Tahun 2023/2024

Post a Comment for "ATP PAI Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Tahun 2023/2024"