Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

KKTP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 2 Tahun 2023

Sahabat Sangkolan, Berikut ini adalah KKTP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 2 Tahun 2023. KKTP atau Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Merupakan salah satu administrasi perangkat ajar yang cukup penting dalam Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka.  

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah membuat perubahan pada kurikulum yang di berlakukan pada tahun pelajaran 2022/2023. Perubahan kurikulum tersebut yaitu dari Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka.

Fungsi dari KKTP Kurikulum Merdeka adalah untuk merefleksikan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan pendidik kepada peserta didik. Selain itu KKTP juga berfungsi sebagia pendiagnosisan tingkat penguasaan kompetensi peserta didik dalam pemahaman materi awal. 

KKTP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 2 Tahun 2023
KKTP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 2 Tahun 2023

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebagai ukuran ketuntasan belajar siswa pada Kurikulum Merdeka tidak ada lagi. Guru diberikan hak sepenuhnya untuk menentukan kriteria sebagai ukuran ketercapaian pembelajaran atau di Kurikulum Merdeka disebut Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP).

Untuk mengetahui apakah siswa sudah berhasil mencapai tujuan pembelajaran, guru perlu menetapkan kriteria atau indikator ketercapaian tujuan pembelajaran. Data dan informasi ketercapaian belajar siswa dilakukan dalam serangkaian kegiatan asesmen.

Perubahan kurikulum juga berdampak pada perubahan istilah pada perangkat pembelajaran salah satunya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menjadi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). 

Ketercapaian Tujuan Pembelajaran atau KKTP merupakan penjelasan (deskripsi) tentang kemampuan apa yang perlu ditunjukkan siswa sebagai bukti bahwa dia telah mencapai tujuan pembelajaran. Guru perlu melakukan asesmen untuk mencari bukti atau dasar pertimbangan tentang ketercapaian tujuan pembelajaran.

Guru tidak disarankan untuk menggunakan angka mutlak (misalnya, 65, 70, dan sebagainya) sebagai kriteria ketercapaian pembelajaran. Yang paling disarankan adalah guru menggunakan deskripsi, tetapi jika dibutuhkan, diperkenankan untuk menggunakan interval nilai (misalnya 65 – 80, 80 – 95, dan sebagainya).

Perubahan Format pada KKM mejadi KKTP, yaitu :

Format KKM

  • Nomor Urut
  • Kompetensi Dasar Materi Pokok
  • Karakteristik Muatan/ Mata Pelajaran (Kompleksitas) 0 – 100
  • Karakteristik Peserta Didik (Intake) 0 – 100
  • Kondisi Satuan Pendidikan 0 – 100
  • KBM Per KD (Nilai dan Predikat)

Format KKTP

  • BAB
  • Tujuan Pembelajaran
  • Kompleksitas (Tinggi, Sedang, dan Rendah)
  • Daya Dukung (Tinggi, Sedang, dan Rendah)
  • Intake (Tinggi, Sedang, dan Rendah)
  • Penilaian

Download KKTP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 2 Tahun 2023

Demikian artikel terbaru kami mengenai KKTP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 2 Tahun 2023. Semoga Bermanfaat.

Gabung Grup Guru Berbagi 

WA : https://bit.ly/3NeVa0Z 

Tele : https://bit.ly/3AYIXWZ

Post a Comment for "KKTP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 2 Tahun 2023"