Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inikah Alasan Tes CASN Guru PPPK 2024 Hanya Formalitas?

Inikah Alasan Tes CASN Guru PPPK 2024 Hanya Formalitas?
Inikah Alasan Tes CASN Guru PPPK 2024 Hanya Formalitas?

Sahabat Sangkolan, Berikut ini adalah Inikah Alasan Tes CASN Guru PPPK 2024 Hanya Formalitas ?Kemendikbud Ristek Membuka 419.146 Formasi untuk Guru PPPK Tahun 2024

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengumumkan pembukaan 419.146 posisi untuk Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2024. Formasi ini bertujuan untuk membantu Kemendikbud Ristek mencapai target perekrutan 1 juta guru honorer pada tahun 2024. Hingga tahun 2023, Kemendikbud telah menyetujui 774.999 guru PPPK.

"Kami terus melanjutkan pemenuhan kebutuhan guru ASN di sekolah negeri melalui Seleksi Guru PPPK. Kuota yang terisi tahun ini adalah 419.146 guru PPPK, sehingga, insya Allah, target 1 juta guru akan tercapai," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim seperti yang dikutip dari pernyataan tertulis.

Pemenuhan target rekrutmen 1 juta guru honorer juga merupakan bagian dari target yang lebih luas untuk mencapai target Presiden Joko Widodo dalam mengalokasikan 2,3 juta posisi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2024. 

Untuk mencapai target ini, guru honorer tetap harus menjalani proses seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) PPPK yang diatur oleh pemerintah, dengan jadwal pendaftaran tes sekitar April-Mei 2024 mendatang.

Tes CASN PPPK 2024 : Hanya Sebatas Formalitas?

Apakah benar tes CASN PPPK untuk guru honorer hanya sebatas formalitas? Menjawab hal tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa mereka memang bertujuan untuk mengangkat 2,3 juta pegawai honorer menjadi ASN pada tahun 2024. 

Oleh karena itu, Anas mengatakan bahwa tes CASN jenjang PPPK hanya sebatas formalitas untuk pengumpulan data, dan pada akhirnya, para pelamar CASN PPPK akan diterima 100 persen sesuai dengan target untuk memenuhi pengangkatan 2,3 juta ASN.

"Jadi, tes tersebut hanya sebatas formalitas. 100 persen dari mereka akan diterima, jadi sekali lagi, tes ini merupakan formalitas untuk pendaftaran ulang. 

Jadi, 100 persen akan diterima," kata MenPAN-RB yang dikutip dari akun resmi YouTube DPR RI, Jumat (15/3/2024).

Meskipun diterima 100 persen, Anas mengatakan bahwa akan tetap ada perbedaan jenis PPPK sesuai dengan kemampuan ekonomi daerah masing-masing. 

Jika sebuah daerah memiliki anggaran yang cukup, maka semua pegawai PPPK yang diterima akan menjadi PPPK dengan waktu penuh, sementara yang tidak memiliki anggaran cukup akan tetap diangkat dengan status PPPK paruh waktu.

"Jadi, baik yang paruh waktu maupun penuh waktu, 2,3 juta tersebut pasti akan mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP)," jelas Azwar Anas.

Demikian artikel terbaru kami mengenai Inikah Alasan Tes CASN Guru PPPK 2024 Hanya Formalitas?, Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Gabung Grup Guru Berbagi 

WA : https://bit.ly/3NeVa0Z 

Tele : https://bit.ly/3AYIXWZ

Post a Comment for "Inikah Alasan Tes CASN Guru PPPK 2024 Hanya Formalitas?"