Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tujuan dan Manfaat Asesmen Nasional, Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD, SMP, SMA/SMK

Tujuan dan Manfaat Asesmen Nasional, Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD, SMP, SMA/SMK

Pada kesempatan kali ini sangkolan.com akan membahas mengenai Apa Itu Tujuan dan Manfaat Asesmen Nasional, Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD, SMP, SMA/SMK.

Setelah sebelumnya membahas mengenai Apa Itu Asesmen Nasional (AN) dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ? kali ini kita membahas Tujuan dan Manfaat Asesmen Nasional.

Tujuan dan Manfaat Asesmen Nasional, Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD, SMP, SMA/SMK
Tujuan dan Manfaat Asesmen Nasional, Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD, SMP, SMA/SMK

Tujuan Asesmen Nasional

Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SMA – Angkatan 6  Konsep Asesmen Nasional  Tujuan dan Manfaat Asesmen Nasional

Perubahan sistem evaluasi dari Ujian Nasional ke Asesmen Nasional merupakan upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan secara menyeluruh. Asesmen Nasional dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar siswa. 

Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau: (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya di satuan pendidikan: antara kelompok sosial ekonomi, di satuan wilayah antara sekolah negeri dan swasta, antar daerah, ataupun antar kelompok berdasarkan atribut tertentu). 

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter siswa. 

Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah sekolah yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong sekolah dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Manfaat Asesmen Nasional

Maka dari itu, hasil Asesmen Nasional sendiri diharapkan mampu memberikan manfaat, bukan sekedar nilai belaka. Pada tahun 2021, Mendikbud telah menyatakan bahwa hasil Asesmen Nasional dimaksudkan sebagai peta awal mutu sistem pendidikan secara nasional. Asesmen Nasional tidak akan digunakan untuk mengevaluasi kinerja sekolah maupun daerah.

Demikian artikel sangkolan kali ini mengenai Tujuan dan Manfaat Asesmen Nasional, Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD, SMP, SMA/SMK.

Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua.

Silahkan tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan yang ingin diajukan.

Post a Comment for "Tujuan dan Manfaat Asesmen Nasional, Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD, SMP, SMA/SMK"