Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2

Sahabat Sangkolan, Berikut ini adalah Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2. Jika pada Kurikulum 2013 yang lalu pemetaan digunakan sebagai administrasi untuk menyusun draf silabus sebelum dikembangkan begitu jaga dengan fungsi pemetaan pada kurikulum merdeka digunakan sebagai seleksi keterkaitan materi ajar dengan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Capaian Pembelajaran (CP) yang akan disusun menjadi Alur tujuan Pembelajaran (ATP).

Setelah memahami Capaian Pembelajaran (CP), guru mulai memperoleh ide-ide tentang apa yang harus dipelajari siswa dalam suatu fase. Pada tahap ini, guru mulai mengolah ide tersebut, menggunakan kata-kata kunci yang sudah dikumpulkannya pada tahap sebelumnya, untuk merumuskan tujuan pembelajaran (TP).

Dengan adanya Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1 SD guru bisa melihat keterkaitan Tujuan Pembelajaran (TP) dengan materi yang akan diajarkan. Tentu dalam pemetaan TP Kelas 1 Kurikulum Merdeka akan lebih mudah jika dibandingkan pemetaan pada Kurikulum 2013. Karena di dalam kurikulum merdeka menggunakan pendekatan mata pelajaran sehingga guru bisa lebih mudah memilah materi ajar yang sesuai dengan Tujuan Pembelajarn.

Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2
Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2
Tujuan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka SD yang dikembangkan tersebut perlu dicapai siswa dalam satu atau lebih jam pelajaran. Sampai akhirnya pada penghujung Fase mereka dapat mencapai CP. Oleh karena itu, untuk CP dalam satu fase, guru perlu mengembangkan beberapa tujuan pembelajaran.

Oleh karenanya administrasi pembelajaran berupa Pemetaan Kelas 1 Kurikulum Merdeka seharusnya menjadi Administrasi yang pertama harus disiapkan oleh guru / pendidik sebelum menyusun administrasi ajar laiinnya. Karena sebelum menyusun Modul Ajar (MA) guru harus memetakan atau menganalisis keterkaitan Capaian Pembelajaran  (CP) dan Tujuan Pembelajaran (TP) pada materi ajar yang akan dikembangkan oleh guru. Hal ini dimaksudkan agar guru bisa memliki gambaran utuh dalam menentukan strategi pembelajaran yang cocok dengan karate peserta didik.

Mata pelajaran kelas 1 SD sesuai Struktur Kurikulum Merdeka yaitu; Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Matematika, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni dan Budaya, Bahasa Inggris, dan Muatan Lokal. Mata pelajaran Seni Budaya terdiri dari; Seni Teater, Seni Tari, Seni Rupa, dan Seni Musik.

Komponen yang ada pada Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas I Kurikulum Merdeka, yaitu:

  • Institunsi
  • Kelas / Semester
  • Tahun Pelajaran
  • Mata Pelajaran
  • Bab
  • Nomor Urut
  • Tujuan Pembelajaran
  • Pembelajaran Ke

Isi dalam Capaian Pembelajaran Kurikulum merdeka ini mencakup beberapa poin , antara lain :

  1. Rasional Capaian Pembelajaran
  2. Tujuan Capaian Pembelajaran
  3. Karakteristik Pembelajaran
  4. Lingkup Capaian Pembelajaran
  5. Rumusan Capaian Pembelajaran / Elemen Capaian Pembelajaran

Silahkan Unduh Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase A pada link dibawah ini :

  1. CP IKM B Indonesia Fase A ( Unduh File)
  2. CP IKM PPKn Fase A ( Unduh File)
  3. CP IKM Matematika Fase A ( Unduh File)
  4. CP IKM B Inggris Fase A ( Unduh File)
  5. CP IKM PAI BP Fase A ( Unduh File)
  6. CP IKM PJOK Fase A ( Unduh File)
  7. CP IKM Seni Musik Fase A ( Unduh File)
  8. CP IKM Seni Rupa Fase A ( Unduh File)
  9. CP IKM Seni Tari Fase A ( Unduh File)
  10. CP IKM Teater Fase A ( Unduh File)

Demikian artikel terbaru kami mengenai Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2. Semoga Bermanfaat.

Gabung Grup Guru Berbagi 

WA : https://bit.ly/3NeVa0Z 

Tele : https://bit.ly/3AYIXWZ

Post a Comment for "Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2"